Kesehatan

7 Hal yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Sabtu, 23 Juli 2022 - 02:29 | 136.34k
Ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan kehamilan dan keselamatan janin. (foto: Freepik)
Ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan kehamilan dan keselamatan janin. (foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIbu hamil harus mulai menjaga kesehatan dengan lebih cermat. Selain untuk diri sendiri, janin dalam tubuh juga harus mendapat perhatian ekstra agar bisa lahir sehat.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu memberi perhatian ekstra pada masa kehamilan ini, salah satunya dengan menjauhi berbagai hal yang dilarang. Ini dilakukan agar ibu hamil terhindar dari berbagai masalah yang nantinya mengganggu kehamilan dan mempengaruhi kesehatan janin.

Berikut beberapa hal yang harus diihindari ibu hamil:

 1. Minum susu yang tidak dipasteurisasi 

Proses pasteurisasi merupakan proses pemanasan tujuannya untuk membunuh organisme bakteri, protozoa, kapang, juga khamir. Pilih susu yang sudah melalui proses pemanasan. Karena susu yang tidak steril memperbesar resiko cacat pada buah hati. 

 2. Mengangkat barang berat

Ibu-Hamil-1.jpgFoto: intermountainhealthcare

Tidak hanya saat hamil, sebenarnya wanita pada saat datang bulan juga tidak diperkenankan mengangkat alat berat. Namun pada saat hamil, hal ini dianjurkan untuk menghindari kontraksi dan tekanan berlebihan pada rahim. 

 3. Mengonsumsi kafein lebih dari dua kali

Mengonsumsi kafein akan membuat jantung janin berdetak tidak stabil. Boleh-boleh saja meminum kopi asal tidak lebih dari dua cangkir per harinya. 

 4. Makanan Mentah

Ibu-Hamil-2.jpgFoto: hopkinsmedicine

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk menghindari makanan mentah karena untuk menghindari beberapa bakteri yang akan menyebabkan bayi lahir cacat sampai keguguran. 

 5. Membersihkan kotoran kucing

Bakteri parasit sangat banyak dalam kotoran hewan termasuk kotoran kucing. Beberapa diantaranya toxoplasma gondli yang akan merusak perkembangan otak janin serta pertumbuhannya. Oleh karena itu, hal ini disaraankan untuk dihindari selama masa kehamilan. 

6. Merokok dan minum alkohol

Merokok dan konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan masalah bagi kehamilan dan janin. Selain memperbesar resiko keguguran dan lahir prematur, alkohol dan tembakau juga memicu kerusakan jaringan pada janin, terutama paru-paru dan otak.

7. Konsumsi obat sembarangan

Ibu-Hamil-4.jpgFoto: psychiatryadvisor

Ibu hamil sebaiknya tidak sembarangan minum obat-obatan. Setiap keluhan atau gejala penyakit harus segera dikonsultasikan dengan dokter agar mendapat obat yang tepat. Janin dalam kandungan sangat rentan, termasuk obat-obatan yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Itulah tujuh hal yang perlu dihindari ibu hamil supaya mengurangi resiko cacat pada bayi dan menjaga kandungan tetap sehat.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES