Kesehatan

Catat! Ini Minuman yang Bantu Meredakan Batuk

Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:26 | 56.71k
Penderita batuk bisa . (foto: Hello Sehat)
Penderita batuk bisa . (foto: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perubahan cuaca yang tidak menentu bisa memicu beberapa penyakit seperti flu dan batuk. Untuk itu, dibutuhkan imun yang kuat agar tubuh tetap sehat.

Untuk yang terkena batuk, selain minum obat ada beberapa minuman yang dapat dikonsumsi untuk membantu menenangkan selama proses penyembuhan. Berikut minuman yang bisa membantu meredakan batuk.

1. Jahe

jahe.jpg

Jahe sudah dikenal bisa membantu meredakan masalah tenggorokan dan juga pernapasan. Meminum seduhan jahe hangat akan membuat nyaman ditenggorokan. Selain itu juga, jahe juga emngandung senyawa anti-inflamasi yang akan melemaskan membran di saluran udara. 

 2. Teh Mint 

Teh-Mint.jpg

Disajikan dalam kondisi hangat, teh mint juga dapat meredakan dan menenangkan batuk. Hal ini dikarenakan teh mint memiliki kandungan ekongestan yang akan membantu memecahkan lendir. Selain itu, teh mint juga memiliki kandungan menthol yang akan menenangkan ujung saraf ditenggorokan yang teriritasi oleh batuk. 

 3. Lemon

Lemon.jpg

Lemon mengandung banyak sekali vitamin c sehingga akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat seseorang menderita penyakit batuk, akan banyak kuman yang bersarang di dalam tubuhnya maka sangat diperlukan vitamin c untuk menjaga daya tahan tubuhnya. 

 4. Madu

madu.jpg

Madu memiliki sifat antibakteri untuk melapisi tenggorokan supaya mencegahnya dari iritasi. Biasanya, meredakan batuk menggunakan madu umumnya dianjurkan terutama kepada anak-anak di bawah satu tahun. 

 5. Jus Nanas

Jus-Nanas.jpg

Studi yag dilakukan pada 2010 menjelaskan jika nanas memiliki kandungan nutrisi yang akan membantu pengobatan TBC. Nanas memiliki kandungan bromelain yang juga akn memecahkan lendir dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.  

Itulah beberapa minuman yang akan membantu menenangkan batuk selama masa penyembuhan. Tidak disangka, beberapa minuman yang telah disebutkan. sebelumnya diduga harus dihindari seperti nanas atau madu karena rasanya yang manis,  rupanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk penderita batuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES