Kesehatan

Rotary Club of Surabaja Darmo Bantu Pemkot Turunkan Angka Stunting

Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:09 | 28.63k
Ibu Wali Kota Surabaya Rini Eri Cahyadi menyapa anak-anak saat menghadiri acara talkshow stunting persembahan Rotary Club of Surabaja Darmo di PTC Mall, Kamis (18/8/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Ibu Wali Kota Surabaya Rini Eri Cahyadi menyapa anak-anak saat menghadiri acara talkshow stunting persembahan Rotary Club of Surabaja Darmo di PTC Mall, Kamis (18/8/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYARotary Club of Surabaja-Darmo dan Rotary Satellite Club of Surabaja Darmo Sakuta Umbawa menggelar talkshow interaktif kesehatan dan gizi anak di Atrium Paris PTC Mall Surabaya, Kamis (18/8/2022).

Acara bertema "Menuju Generasi Indonesia Bebas Stunting Bersama Rotary" tersebut menghadirkan narasumber Ibu Wali Kota Surabaya sekaligus Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Rini Eri Cahyadi, ahli gizi Yulia Christanti Gani dan Chef Elvin Lukman dari Akademi Sages.

Sedangkan undangan merupakan para anggota 10 TP PKK kelurahan di Wilayah Surabaya Barat. Mereka datang bersama putra-putri kesayangan untuk mengikuti talkshow tersebut.

Dalam kesempatan ini, Ibu Wali Kota Surabaya Rini Eri Cahyadi mengungkapkan pentingnya sinergitas bersama Rotary guna menangani permasalahan stunting dan kekurangan gizi yang terjadi pada anak-anak.

"Saya berterimakasih atas supportnya membantu program-program pemerintah. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik agar nantinya Surabaya menjadi bebas stunting," terang Rini.

Ibu-Wali-Kota-Surabaya-Rini-Eri-Cahyadi-a.jpg

Sementara itu, Presiden Rotary Club Surabaja-Darmo Subur Haryono menjelaskan, acara ini merupakan bagian kepedulian terhadap masyarakat.

Sebagai lembaga non profit, Rotary akan konsisten membantu mensukseskan berbagai program pemerintah kota. Antara lain upaya penanganan stunting bagi anak-anak.

"Rencananya kami akan menyelenggarakan beberapa chapter karena itu juga atas permintaan ibu wali kota," kata Subur didampingi PIC acara, Avi Apriani.

Dia menambahkan, acara talkshow kali ini sekaligus merupakan pilot project. Sedangkan giat selanjutnya, Rotary berencana mengundang 21 kecamatan lain yang ada di Surabaya. Subur berharap acara ini menjadi salah satu upaya pencegahan dan penanganan stunting sejak dini.

"Dari Rotary internasional sendiri kasus stunting dunia memang cukup menjadi perhatian. Dan di Indonesia sendiri presiden juga mencanangkan untuk segera mengatasi masalah stunting. Berarti by data, pasti ada peningkatan (stunting)," ujarnya.

Karena kesehatan ibu dan anak juga menjadi salah satu fokus program Rotary, dalam kegiatan ini panitia juga menghadirkan Chef Elvin Lukman untuk berbagi resep masakan sehat dengan bahan sederhana di rumah lewat program Isi Piringku. Agar, ibu-ibu mudah membuat hidangan bergizi bagi putra-putri mereka.

"Selain mengadakan talkshow kami juga mengundang chef dari Akademi Sages untuk memberikan menu-menu dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita untuk bisa diolah demi mendapatkan nutrisi yang maksimal untuk ibu dan anak," kata Avi.

Ibu-Wali-Kota-Surabaya-Rini-Eri-Cahyadi-b.jpg

Chef Elvin Lukman membagikan empat resep masakan. Mulai Sup jagung ayam, carrot cake atau kue wortel kukus, cabbage roll (kubis gulung dengan saos tomat home made) dan pudding susu semangka dengan topping melon.

"Jadi memang banyak sayuran yang kaya vitamin dan mineral, proses masaknya pun minim menggunakan minyak atau menggunakan proses menggoreng. Jadi relatif lebih sehat," kata Chef Elvin.

Sementara itu, dalam talkshow, Yulia Christanti Gani memaparkan spirulina sebagai salah satu superfood yang berasal dari ganggang hijau. Namun, memiliki kandungan protein lengkap tingkat tinggi, vitamin dan mineral untuk menangani stunting. Saat ini sedang dikembangkan sebagai makanan pengganti di masa depan (sustainability food).

"Spirulina berbentuk kapsul hijau, mengandung antioksidan dan asam lemak. Ini memang saya search WHO sudah memberikan bantuan spirulina ini kepada anak-anak kayak di Zambia, Afrika untuk menekan stunting," ucapnya dalam acara talkshow pencegahan stunting yang digagas oleh Rotary Club of Surabaja Darmo ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES