Kesehatan

Cacar Monyet Masuk Indonesia, Masyarakat Wajib Waspada

Minggu, 21 Agustus 2022 - 12:37 | 25.95k
Ilustrasi - cacar monyet yang kini masuk ke Indonesia. (FOTO: dok Halodoc)
Ilustrasi - cacar monyet yang kini masuk ke Indonesia. (FOTO: dok Halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meminta masyarakat waspada. Itu setelah adanya kasus pertama cacar monyet atau clades di Indonesia kemarin.

Ketua Umum PB IDI, dr M. Adib Khumaidi menyampaikan, pihak terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengenai kewaspadaan penyakit cacar monyet di tanah air tersebut.

"Kami meminta tim medis dan tenaga kesehatan untuk tetap waspada dan segera melaporkan pada Dinas Kesehatan setempat apabila ditemukan pasien dengan gejala mirip cacar monyet," katanya dalam keterangan resminya dikutip Minggu (21/8/2022).

Sementara itu, Ketua Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI, dr Hanny Nilasari menambahkan, perlunya mempertahankan protokol kesehatan secara ketat.

"Bagi yang merasa bergejala dapat segera berobat menemui dokter terdekat," ujarnya.

Kemarin, Juru bicara Kemenkes RI, Dr. Mohammad Syahril mengumumkan bahwa telah muncul kasus pertama cacar monyet di Indonesia. Masyarakat pun diminta waspada.

Pasien pertama cacar monyet di Indonesia ini adalah pria berusia 27 tahun yang berasal dari Jakarta dan saat ini diwajibkan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pasien terkonfirmasi positif cacar monyet pada Jumat malam (19/8/2022) setelah melakukan pemeriksaan PCR pada Kamis (18/8/2022) lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES