Kesehatan

Gosok Gigi Massal, Cara Siswa MIN 3 Pacitan Peringati HKGN

Senin, 12 September 2022 - 17:06 | 46.61k
Gosok Gigi Massal, Cara Siswa MIN 3 Pacitan Peringati HKGN
Siswa MIN 3 Pacitan merayakan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN 2022) dengan gosok gigi massal. (FOTO: MIN 3 for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Merayakan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN 2022), ratusan siswa MIN 3 Pacitan, Jawa Timur mengikuti kegiatan gosok gigi massal bersama Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI), Senin (12/9/2022).

"Hari Kesehatan Gigi Nasional yang jatuh setiap 12 September, hari ini dirayakan Ikatan Dokter Gigi Indonesia bersama seluruh siswa MIN 3 Pacitan sebanyak 488 anak. Mereka mengikuti gosok gigi massal," kata Kepala MIN 3 Pacitan, Suyanto.

Kegiatan gosok gigi massal ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan edukasi merawat gigi dengan baik dan benar. Cara tersebut dinilai lebih efektif mengatasi masalah gigi pada anak yang rentan.

"Paling penting para siswa selalu bisa menjaga kesehatan dan kebersihan. Terutama pembiasaan gosok gigi secara teratur juga membuang sampah pada tempatnya," terang Suyanto.

Siswa-MIN-3-Pacitan-merayakan-Hari-Kesehatan-Gigi-Nasional-a.jpgIDGI memberikan contoh marawat gigi dengan baik dan benar. (FOTO: MIN 3 for TIMES Indonesia)

Dalam kesempatan yang sama, MIN 3 Pacitan juga menggandeng UPT Puskesmas Tanjungsari Pacitan untuk mensosialisasikan kebersihan di lingkungan sekolah melalui mata pelajaran Penjasorkes sehingga diharapkan mampu memotivasi para siswa untuk lebih berprestasi.

Sementara itu, drg. Arundina Denta berpesan kepada siswa MIN 3 Pacitan agar selalu menjaga kesehatan gigi. Salah satunya dengan menghindari makanan manis yang dapat melekat pada gigi.

"Anak-anak wajib membiasakan gosok gigi sehari dua kali sebelum dan sesudah sarapan pagi juga sebelum tidur. Satu lagi, hindari makanan manis, karena gigi yang sehat adalah cerminan tubuh yang sehat. Tetap semangat belajar untuk lebih berprestasi," jelasnya di tengah memberikan materi berikut yel-yel.

Usai menerima hadiah doorprize menarik, seorang siswa kelas IV A, Abid fadhil pranaja, mengaku sangat senang dan gembira lantaran mendapat ilmu yang berharga.

Siswa-MIN-3-Pacitan-merayakan-Hari-Kesehatan-Gigi-Nasional-b.jpgPemberian apresiasi siswa MIN 3 Pacitan berprestasi. (FOTO: MIN 3 for TIMES Indonesia)

"Senang sekali bisa bertemu dokter gigi. Tadi juga menerima doorprize. Semoga acara seperti ini sering diadakan," katanya.

Sebagai informasi, perayaan HKGN 2022 kali ini pihak madrasah juga menggelar Selebrasi Penghargaan Prestasi Siswa yang meraih berbagai ajang kompetisi dan kejuaraan.

Siswa MIN 3 Pacitan yang berprestasi di anaranya Juara 1 Open Chess Tournament Kabupaten Ngawi Tingkat SD 2022: Marvel Trian Saputra, juara 3 Open Chess Tournament Kabupaten Ngawi Tingkat SD 2022: Wisnu Satya Aji, jara Harapan 1 KSM Tingkat MI Kabupaten Pacitan 2022: Ramdhani, 10 Besar Finalis MPAFEST Pildacil Tingkat Jawa Timur 2022: Aqila Chairunnisa Maharani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES