Kesehatan

5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata, Selain Buah dan Sayur

Minggu, 29 Januari 2023 - 06:15 | 65.09k
Menjaga kesehatan mata dengan konsumsi ikan. (Foto: Hello Sehat)
Menjaga kesehatan mata dengan konsumsi ikan. (Foto: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan mata menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan. Menjaga mata dilakukan agar mata tidak mudah lelah dan bisa menimbulkan sakit mata.

Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan melalui asupan makanan. Banyak makanan sehat dapat menjaga agar mata tetap sehat. Selain wortel, tomat, jeruk, serta sayuran hijau, beberapa makanan lain juga bermanfaat untuk mata.

Makanan Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita?

Untuk menjaga kesehatan mata, kita bisa konsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi seperti lutein, zeaxanthin, vitamin A, C, E, beta karoten, dan asam lemak omega-3. Apa saja makanan yang mengandung nutrisi tersebut?

1. Telur adalah sumber protein yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan mata kita. Kuning telur memiliki kandungan antioksidan zeaxanthin serta lutein yang tinggi. Kedua jenis antioksidan ini mampu membantu menjaga supaya mata tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Daging sapi serta daging unggas tanpa lemak seperti pada bagian dada ayam merupakan makanan yang kaya akan zink. Zat tersebut sangat baik untuk kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Zink dapat membantu menunda menurunnya kemampuan penglihatan, yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula.

3. Ikan juga salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Jenis ikan ini antara lain ikan tuna, makarel, salmon, teri, kembung, dan sarden mengandung asam lemak omega-3. Berbagai penelitian telah menunjukkan hasil bahwa minyak ikan yang kaya omega-3 mampu menyembuhkan mata kering.

4. Produk susu seperti susu dan yogurt juga baik untuk kesehatan mata kita. Produk susu mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kornea. Selain itu, susu juga mengandung zink yang membantu membawa vitamin dari hati ke mata. Zink juga penting untuk membantu penglihatan pada malam hari serta pencegahan katarak.

5. Tiram mengandung zink yang yang bagus untuk kesehatan mata kita. Kandungan ini dapat membantu produksi alami melanin, yaitu pigmen yang dibutuhkan untuk pelindung mata. Rabun malam dan katarak adalah dua implikasi paling umum dari kekurangan zink. Dosis zink yang tinggi juga diketahui memperlambat perkembangan degenerasi makula tahap awal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES