Kesehatan

Menjaga Kesehatan Dengan 8 Pemanis Pengganti Gula

Senin, 14 Agustus 2023 - 01:22 | 172.57k
Perbedaan bentuk gula dan stevia. (Foto: zakiroff2000/Freepik)
Perbedaan bentuk gula dan stevia. (Foto: zakiroff2000/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGula adalah bahan pemanis yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman kita sehari-hari. Namun, terlalu banyak asupan gula dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan, seperti meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, banyak orang mencari alternatif pemanis yang lebih sehat. Berikut adalah lima pemanis pengganti gula yang dapat menjadi pilihan Anda:

1. Stevia

Stevia adalah pemanis alami yang berasal dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Stevia memiliki kandungan kalori yang rendah dan tidak mempengaruhi kadar gula darah, menjadikannya pilihan baik bagi penderita diabetes. Stevia dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam minuman, makanan, atau bahkan dalam memasak.

2. Madu

Madu adalah pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu memiliki rasa manis yang lezat dan kaya akan nutrisi. Meskipun mengandung kalori, madu juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti sifat antibakteri dan antiinflamasi. Penggunaan madu dalam jumlah sedang dapat menjadi alternatif pemanis yang lebih sehat.

3. Xylitol

Xylitol adalah pemanis alami yang sering digunakan sebagai pengganti gula dalam permen karet atau permen manis. Xylitol memiliki rasa yang mirip dengan gula, tetapi memiliki efek lebih sedikit terhadap gula darah. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi berlebihan xylitol dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa orang.

4. Erythritol

Erythritol adalah pemanis alami yang ditemukan dalam buah-buahan tertentu dan juga diproduksi secara sintetis. Erythritol memiliki rasa yang hampir mirip dengan gula, tetapi mengandung sedikit kalori dan memiliki sedikit pengaruh terhadap gula darah. Erythritol juga lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada beberapa pemanis lainnya.

5. Coconut Sugar (Gula Kelapa)

Gula kelapa adalah pemanis alami yang dibuat dari nektar bunga pohon kelapa. Gula kelapa memiliki rasa yang karamel dan kaya akan nutrisi, termasuk serat, vitamin, dan mineral. Meskipun memiliki sedikit lebih banyak kalori dibandingkan gula biasa, gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga mempengaruhi kadar gula darah secara lebih stabil.

6. Monk Fruit (Buah Sirsak)

Monk Fruit, juga dikenal sebagai buah sirsak, adalah pemanis alami yang berasal dari buah monk. Pemanis ini memiliki rasa manis yang alami dan tidak memiliki kalori. Selain itu, monk fruit memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah. Monk fruit telah digunakan sebagai pemanis dalam berbagai produk makanan dan minuman, serta menjadi alternatif yang baik untuk gula dalam resep masakan.

7. Yacon Syrup

Yacon syrup berasal dari akar tanaman yacon, yang berasal dari Amerika Selatan. Pemanis ini memiliki rasa yang manis dengan sentuhan karamel, tetapi memiliki kadar gula yang rendah. Yacon syrup mengandung serat yang baik bagi pencernaan, dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, yacon syrup dapat berfungsi sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

8. Date Sugar (Gula Kurma)

Gula kurma dibuat dari buah kurma yang dikeringkan dan diubah menjadi bubuk. Meskipun gula kurma mengandung kalori dan lebih sedikit nutrisi daripada kurma utuh, ia masih mengandung serat alami dan memiliki sedikit pengaruh pada gula darah dibandingkan gula putih. Rasanya memberikan sentuhan karamel dan bisa digunakan dalam baking atau sebagai pemanis dalam minuman.

Pemilihan pemanis pengganti gula tergantung pada preferensi rasa, tujuan kesehatan, dan kebutuhan pribadi. Namun, penting untuk tetap mengontrol asupan pemanis secara umum. Mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi jika anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau pertimbangan lebih lanjut.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES