Kesehatan

Musim Hujan Tiba, Siapkan Obat Tanpa Resep Dokter Ini untuk Berjaga

Selasa, 14 November 2023 - 01:12 | 53.22k
Ilustrasi orang minum obat.
Ilustrasi orang minum obat.

TIMESINDONESIA, MALANG – Musim hujan seringkali membawa cuaca ekstrem dan perubahan suhu yang dapat memengaruhi kesehatan kita. Persiapan obat yang tepat dapat menjadi kunci untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi gejala umum. Berikut adalah obat tanpa resep dokter selama musim hujan yang bisa Anda siapkan.

1. Obat untuk Pemulihan Cepat dari Flu dan Pilek. Musim hujan sering disertai dengan peningkatan kasus flu dan pilek. Persiapkan obat pereda gejala seperti paracetamol, dekongestan, dan ekspektoran. Ini dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Suplemen Vitamin dan Mineral. Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, D, dan zinc. Ini dapat membantu mencegah penyakit dan memberikan perlindungan tambahan selama musim hujan.

3. Obat Antialergi. Musim hujan sering kali menyertai peningkatan alergi. Persiapkan obat antialergi seperti cetirizine atau loratadine untuk mengatasi reaksi alergi terhadap jamur atau alergen lain yang mungkin muncul selama musim hujan.

4. Obat untuk Gangguan Pencernaan. Perubahan cuaca dapat memengaruhi sistem pencernaan. Sertakan obat antidiare dan antasida untuk mengatasi gangguan pencernaan yang mungkin terjadi.

5. Obat Batuk dan Pilek untuk Anak-Anak: Jika Anda memiliki anak, pastikan untuk mempersiapkan obat yang sesuai untuk mereka. Obat batuk dan pilek khusus anak-anak, yang diizinkan untuk usia mereka, dapat membantu mereka mengatasi gejala yang mungkin muncul.

Nah, itu obat tanpa resep dokter yang bisa Anda siapkan sedini mungkin bila memasuki musim hujan. Namun ingat, jangan terlalu menggantungkan kesehatan Anda dengan obat. Obat hanya dibutuhkan saat Anda atau keluarga Anda terserang penyakait. Pencegahan dan mencegah datangnya penyakit adalah obat yang paling baik.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES