Kesehatan

Antisipasi Kenaikan, Jokowi Perintahkan Menkes Amati Kasus Covid-19 

Jumat, 15 Desember 2023 - 13:37 | 33.08k
Presiden Jokowi (Joko Widodo) saat di Istana. (FOTO: Setkab)
Presiden Jokowi (Joko Widodo) saat di Istana. (FOTO: Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi memberikan atensi pada kenaikan kasus covid-19 di Indonesia. Kepala Negara pun memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk serius mengamati perkembangan virus tersebut.

"Saya sudah memerintahkan kepada menteri kesehatan untuk diikuti dan diamati betul secara detail perkembangannya (Covid-19) seperti apa," katanya di Jakarta Pusat, (15/12/2023).

Sejauh ini, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dari data menteri kesehatan, keadaannya masih relatif baik. "Menteri kesehatan menyampaikan masih dalam kondisi baik," ujarnya.

Meski ada kenaikan, lanjut dia, pemerintah belum mengharuskan agar masyarakat kembali menggunakan masker seperti aturan yang pernah dilakukan sebelumnya. "Belum sampai ke sana (aturan masker)," ujar Presiden Jokowi.

Diketahui, Kementerian Kesehatan melaporkan kasus harian Covid-19 di Tanah Air bertambah 35 hingga 40 persen per 6 Desember 2023. Dengan jumlah pasien dirawat di rumah sakit tercatat 60-131 orang.

Situsi itu memicu peningkatan tingkat keterisian rumah sakit 0,06 persen dan angka kematian 0-3 kasus perhari. Presiden Jokowi pun meminta agar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk serius mengamati perkembangan virus tersebut.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya juga sudah mengeluarkan surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan lonjakan kasus Covid-19.

Surat edaran itu ditunjukkan kepada pemerintah daerah dan tempat pelayanan kesehatan lainnya dimasing-masing wilayah.

"Surat edaran itu dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, kantor kesehatan pelabuhan pelabuhan, para pemangku kepentingan terkait kewaspadaan Covid-19 di Indonesia," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES