Kesehatan

Musim Dingin Tiba, Waspadai Masalah Ini Bisa Timbul pada Kaki

Kamis, 11 Januari 2024 - 05:12 | 22.93k
Masalah pada kaki bisa makin berbahaya di cuaca dingin (FOTO: Freepik)
Masalah pada kaki bisa makin berbahaya di cuaca dingin (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Musim penghujan telah tiba di sebagian besar Indonesia. Dengan suhu udara yang dingin di musim ini, sejumlah masalah kesehatan bisa menyeruak, termasuk di bagian penting seperti kaki.

Beberapa masalah kesehatan pada kaki yang harus diwaspadai di musim dingin seperti saat ini di antaranya adalah:

Kulit kering

Mungkin sebagian orang telah terbiasa untuk mengolesi tangan dengan lotion dan terus-menerus menggunakan pelembab bibir ketika bepergian dan di cuaca dingin. Suhu dingin yang ekstrem dapat mengeringkan kulit, kulit kaki tidak terkecuali. 

Kulit kering pada kaki dapat menyebabkan luka dan retakan yang menyakitkan pada kaki, paling umum pada tumit karena bagian kaki ini menyerap banyak tekanan dan terus-menerus bergesekan dengan bagian dalam sepatu. Tumit pecah dapat diobati dengan lotion pelembab dan kaus kaki empuk.

Kulit Melepuh

Cuaca dingin menimbulkan situasi unik di mana kulit melepuh lebih mungkin terjadi. Sepatu yang sedikit terlalu besar dapat menyebabkan gosokan pada kulit, yang akhirnya menimbulkan lecet. 

Patah Kaki

Di musim penghujan, permukaan yang licin dapat dengan mudah menyebabkan jatuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kaki dan pergelangannya patah, terkilir, pergelangan kaki bengkok dan cedera otot tungkai di kaki dan pergelangan kaki.

Radang sendi

Udara dingin bercampur dengan hujan dapat menyebabkan radang sendi di tangan dan kaki. Masalah ini disertai rasa sakit yang hebat, serta ketidaknyamanan yang bisa mempengaruhi mobilitas dan aktivitas sehari-hari seseorang.

Cantengan

Setiap orang berisiko mendapatkan kuku tumbuh ke dalam atau cantengan, setiap saat sepanjang tahun. Gangguan kesehatan kaki ini seringkali merupakan akibat dari sepatu yang tidak pas. Ditambah cuaca dingin, risiko masalah kaki yang satu ini bisa makin besar bila tak diantisipasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES