Kesehatan

Kuatkan Imun saat Musim Hujan dengan 7 Makanan Ini

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:00 | 19.97k
Buah-buahan cocok untuk menjadi makanan penguat imun saat musim hujan.
Buah-buahan cocok untuk menjadi makanan penguat imun saat musim hujan.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat musim hujan seperti saat ini membuat virus dan bakteri lebih mudah dan cepat menular. Jika sistem imun tubuh kita tidak baik, kita bisa lebih rentan terkena flu, radang amandel, bahkan radang paru-paru.

Dikutip dari situs kementerian kesehatan, salah satu cara untuk mencegah penyakit akibat virus dan bakteri adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk imun.

Berikut 7 makanan yang bisa membantu kita mengurangi risiko sakit karena infeksi virus dan bakteri.

Jahe

Jahe adalah bahan herbal yang kaya manfaat, termasuk untuk imun. Jahe memiliki sifat anti-bakteri dan anti-biotik yang bisa melindungi tubuh kita dari infeksi virus seperti flu dan radang tenggorokan.

Yogurt

Tahu nggak? Yogurt mengandung banyak bakteri baik yang namanya probiotik. Bakteri baik ini bisa membantu mengatasi infeksi. Bakteri baik ini akan bekerja jika ada ketimpangan antara bakteri baik dan jahat di tubuh kita.

Makanan Fermentasi Makanan fermentasi seperti tempe, kimchi, dan kefir juga mengandung probiotik seperti yogurt. Saat difermentasi, makanan ini akan menghasilkan vitamin dan enzim pencernaan yang bisa mengurangi peradangan di tubuh kita. Selain itu, makanan fermentasi juga bisa membantu tubuh kita melakukan detoksifikasi.

Jeruk

Jeruk Bali atau jenis jeruk lainnya adalah sumber vitamin C yang bagus untuk melawan penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Vitamin C bisa menetralisir infeksi yang disebabkan oleh jamur, dan juga mempercepat penyembuhan.

Sayuran hijau Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan selada tidak hanya menyegarkan, tapi juga bisa memperkuat imun tubuh kita. Sayuran hijau bisa mencegah penyakit akibat infeksi. Lebih baik lagi jika kita mengonsumsi sayuran hijau dalam keadaan mentah, tapi jangan lupa dicuci dulu ya.

Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberi, dan raspberi meskipun kecil, tapi mengandung banyak zat yang baik untuk imun tubuh kita, seperti polifenol, fitokimia, dan flavonoid.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, quinoa, dan oatmeal juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Biji-bijian juga memiliki indeks glisemik yang rendah, yang artinya bisa menurunkan kadar gula darah kita. 

Selain dengan makanan, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, antara lain, tidur yang cuku, olahraga teratur, menghindari rokok dan alkohol, kurangi stres dan mengkonsumsi suplemen. Suplemen bisa menjadi pilihan untuk melengkapi nutrisi yang kurang dari makanan. Namun tetap konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen yang Anda konsumsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES