Kesehatan TIMES Ramadan

Dinkes Majalengka Bagikan Tips Nyaman Jalani Puasa bagi Penderita Maag

Kamis, 21 Maret 2024 - 04:00 | 54.38k
Ilustrasi - Tips Nyaman Berpuasa. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - Tips Nyaman Berpuasa. (FOTO: Freepik)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit maag. Tapi jangan khawatir, Dinkes Majalengka memiliki tips agar berpuasa tetap nyaman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka (Dinkes Majalengka), H Agus Susanto mengatakan bahwa ada beberapa tips puasa yang dapat membantu penderita sakit maag agar menjalani ibadahnya dengan lebih nyaman.

"Tips ini penting untuk diterapkan agar ibadah puasa yang dijalani tetap lancar, nyaman dan tidak menimbulkan keluhan sakit maag," kata Agus Susanto, Rabu (20/3/2024).

Berikut serangkaian tips yang bisa diterapkan bagi yang memiliki riwayat maag agar dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan nyaman:

1. Hindari Makanan Pemicu Maag

Selama berpuasa, pastikan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memicu gejala maag, seperti makanan yang berminyak, asam dan pedas.

Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

2. Pilih Menu Sehat dan Tepat

Saat berbuka puasa maupun sahur, pilihlah menu yang sehat dan tepat, seperti nasi, sayur brokoli, putih telur dan buah pisang. Makanan-makanan ini lebih mudah dicerna dan tidak akan memberatkan lambung.

Jika memungkinkan, tambahkan juga sumber air putih dan hindari minuman berkafein atau berkarbonasi yang dapat meningkatkan risiko iritasi lambung.

3. Metode Memasak yang Sehat

Pilihlah menu-menu lezat yang disiapkan dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Metode memasak ini tidak hanya menjaga kualitas nutrisi makanan tetapi juga membantu mengurangi kandungan lemak dan minyak, membuat hidangan lebih sehat dan ringan untuk pencernaan.

Dengan memilih cara memasak yang tepat, Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil menjaga kesehatan tubuh, sehingga cocok untuk mendukung ibadah puasa dengan lebih baik.

4. Hindari Makan Berlebihan

Jangan lupa untuk menghindari makan berlebihan saat berbuka puasa maupun sahur. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di lambung dan bahkan menyulitkan proses pencernaan.

Cobalah untuk makan secara perlahan dan dalam porsi yang sesuai, sambil mengunyah makanan dengan baik untuk membantu pencernaan. 

5. Hindari Tidur Setelah Makan

Setelah makan, sebaiknya hindari untuk langsung tidur. Aktivitas ringan seperti berjalan-jalan ringan dapat membantu proses pencernaan.

Selain itu, cobalah untuk menghindari konsumsi minuman berkafein atau berkarbonasi setelah makan, karena hal ini dapat mengganggu pencernaan dan membuat Anda sulit tidur.

Lebih baik pilih minuman hangat atau air putih untuk membantu proses pencernaan dan menjaga kenyamanan tidur.

"Dengan memperhatikan dan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan penderita maag dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tanpa merasakan ketidaknyamanan yang berlebihan akibat masalah lambung," tandas Kepala Dinkes Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES