Kesehatan

Tips Mudik Lebaran Sehat dan Aman ala Dr Syifa Mustika, Nomor 6 Jangan Lupa

Jumat, 05 April 2024 - 09:49 | 24.27k
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dengan datangnya musim mudik Lebaran, banyak orang yang merencanakan untuk kembali ke kampung halaman. Untuk memastikan perjalanan mudik yang sehat dan aman, berikut beberapa tips yang disarankan oleh Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, pengurus Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU).

Menurut dokter spesialis di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat mudik Lebaran. Apa saja?

1. Perencanaan matang perjalanan

Buatlah rencana perjalanan secara detail, termasuk rute yang akan diambil, titik-titik istirahat, dan estimasi waktu tiba. Periksa kondisi jalan dan cuaca sebelum berangkat. Siapkan rute alternatif jika terjadi kemacetan atau penutupan jalan. Pastikan untuk memilih rute yang aman dan efisien.  

2. Persiapkan Kendaraan

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kendaraan Anda sebelum berangkat. Termasuk periksa oli, air radiator, dan sistem kelistrikan.

3. Packing yang Tepat

Bawa perlengkapan darurat seperti ban serep, alat pertolongan pertama, dan alat-alat penting lainnya seperti lampu senter dan kunci roda.

4. Waktu Berangkat yang Tepat

Berangkatlah pada waktu yang tepat untuk menghindari lalu lintas padat dan panas terik.

5. Istirahat yang Cukup

Selalu beristirahat secara teratur selama perjalanan, terutama jika perjalanan Anda sangat jauh. Beristirahatlah setiap beberapa jam untuk menghindari kelelahan.

6. Perhatikan Makanan dan Minuman

Bawa persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan. Hindari makanan yang terlalu berat yang bisa membuat Anda kantuk saat mengemudi dan jangan jajan sembarangan agar tidak terinfeksi diare.

7. Pastikan Dokumen Perjalanan

Pastikan Anda membawa dokumen perjalanan yang diperlukan seperti SIM, STNK, dan kartu identitas agar nyaman perjalanan Anda

8. Penggunaan Peralatan Keselamatan dan Kesehatan

Pastikan semua penumpang menggunakan sabuk pengaman, dan jika ada anak-anak, pastikan mereka menggunakan kursi pengaman yang sesuai dengan usia dan berat badan. Dan siapkan obat-obatan emergensi untuk di.perjalanan spt obat pusing, mual, diare, dan nyeri perut.

9. Komunikasi 

Selalu informasikan kepada keluarga atau teman dekat mengenai rute perjalanan Anda dan perkiraan waktu kedatangan.

10. Kondisi Fisik

Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik sebelum memulai perjalanan jauh. Jangan berpergian dalam kondisi sakit. Lebih baik menunda perjalanan jika kondisi tidak fit.

Mudik Lebaran adalah waktu yang tepat untuk keluarga. Manfaatkan waktu berkumpul dengan keluarga untuk melepas rindu dan berbagi kebahagiaan. Namun, tetap perhatikan batas fisik dan kebersihan untuk menjaga kesehatan bersama.

Demikian tips mudik Lebaran yang sehat dan aman dari Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, pengurus LK PBNU. Pelajari bagaimana persiapan, perjalanan, dan adaptasi di tempat tujuan dapat membuat perjalanan Anda nyaman dan bebas dari masalah kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES