Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Selama Silaturahmi Lebaran

Selasa, 09 April 2024 - 08:04 | 20.93k
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.
Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH, dokter spesialis di RSSA Malang dan pengurus LK PBNU.

TIMESINDONESIA, MALANG – Lebaran sebentar lagi, salah satu momen penting adalah silaturahmi ke sanak saudara handai taulan saat Lebaran. Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk mempererat hubungan sosial, tapi juga tantangan untuk menjaga kesehatan.

Berikut adalah tips agar tetap sehat selama silaturahmi Lebaran, dikutip dari narasumber Dr. Syifa Mustika, SpPD-KGEH, pengurus LK PBNU, dokter RSSA Malang.

1. Pilih Makanan Sehat

Saat berkumpul, prioritaskan makanan yang sehat dan seimbang. Hindari tergiur dengan sajian opor dan ketupat semata, sertakan sayuran, buah-buahan, protein rendah lemak, dan karbohidrat kompleks dalam menu Lebaran Anda.

"Pilihan makanan ini akan memberi energi yang dibutuhkan tanpa menambah beban kalori berlebih," ujar dr Syifa.

2. Ukur Porsi Makanan

Mengukur porsi makanan merupakan langkah bijak untuk menghindari makan berlebihan. Ini tidak hanya membantu mengontrol asupan kalori tetapi juga meminimalkan risiko kenaikan berat badan pasca Lebaran.

3. Hindari Makanan Berlemak dan Berkalori Tinggi

Makanan berlemak dan berkalori tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan penyakit lainnya. Batasi konsumsi makanan ini, dan pilihlah makanan yang lebih sehat.

4. Minum Air Putih Secukupnya

Dehidrasi bisa terjadi tanpa kita sadari, terutama ketika kita sibuk berbicara dan bersosialisasi. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum air putih secukupnya sepanjang hari dan hindari minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda atau minuman manis lainnya.

5. Tetap Beraktivitas Fisik

Setelah makan, manfaatkan waktu untuk berjalan-jalan ringan atau bermain permainan yang melibatkan gerakan fisik bersama keluarga. Ini tidak hanya membantu proses pencernaan, tapi juga menjaga metabolisme tubuh.

6. Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Meski berkumpul dalam suasana bahagia, jangan lupakan protokol kesehatan. Gunakan masker jika Anda merasa kurang sehat, dan jangan lupa mencuci tangan secara teratur. Ini penting untuk menjaga higienitas dan mencegah penyebaran penyakit, terutama saat berkumpul dengan banyak orang.

7. Jaga Kesehatan Mental

Silaturahmi bukan hanya tentang bertemu dan bersenda gurau, tapi juga memperhatikan kesehatan mental. Berinteraksi dan berbagi cerita dengan orang-orang terdekat dapat meningkatkan kesejahteraan emosional. Namun, penting juga untuk menjaga batasan agar pembicaraan tidak memasuki zona pribadi yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

8. Istirahat yang Cukup

Setelah hari yang panjang dan penuh kegiatan, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Kualitas tidur yang baik akan membantu memulihkan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan selama beraktivitas silaturahmi di Hari Raya Lebaran. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik secara fisik tetapi juga secara mental, sehingga dapat menikmati momen berharga tersebut dengan maksimal. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES