Kesehatan

Buah Delima, Superfruit dengan Segudang Manfaat bagi Kesehatan

Jumat, 12 April 2024 - 06:42 | 30.85k
Buah delima mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh (Foto: Freepik)
Buah delima mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Negeri tropis seperti Indonesia memiliki ragam buah yang bermanfaat tinggi bagi kesehatan. Buah delima salah satunya. 

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah delima.

1. Mengatasi Darah rendah

Studi menunjukkan bahwa jus delima berpotensi memberikan manfaat langsung. Untuk uji coba crossover acak dan terkontrol, kelompok pria muda dan sehat djberikan makanan tinggi lemak dan minum minuman yang dibuat dengan ekstrak delima sebelum atau selama makan, sedangkan kelompok kontrol tidak.

Tidak ada efek pada perubahan ke tingkat lipid dalam darah. Namun, mengkonsumsi minuman delima selama atau sebelum makan mengurangi peningkatan tekanan darah sistolik postprandial.

2. Memperbaiki Kolesterol, Mencegah Aterosklerosis

Kualitas buah delima juga menyehatkan jantung. Studi menunjukkan yang dilakukan dengan pasien diabetes menggambarkan bahwa pasien yang mengonsumsi 50 mililiter (1,7 ons cairan) jus delima setiap hari selama periode tiga bulan mengalami penurunan beberapa penanda stres oksidatif terkait aterosklerosis, yaitu peroksida lipid dan zat reaktif asam tiobarbiturat (TBARS).

Ada juga peningkatan glutathione, salah satu antioksidan utama dalam tubuh. Selain itu, serapan makrofag LDL teroksidasi menurun.

Dua hasil yang terakhir adalah penanda yang jelas dari peningkatan aktivitas antioksidan, yang dapat membantu mencegah aterosklerosis.

3. Mengurangi Stres Oksidatif

Delima bukan hanya "makanan super" untuk orang dewasa, itu juga dapat meningkatkan antioksidan pada orang tua dan lebih unggul dari jus apel.

Studi tambahan menunjukkan kemampuan jus delima untuk mengurangi beberapa komplikasi yang disebabkan oleh stres oksidatif pada mereka yang menjalani hemodialisis. Satu dosis jus delima mengurangi beberapa peradangan dan stres oksidatif yang terkait dengan hemodialisis dan pemberian zat besi. 

4. Meningkatkan Kinerja Latihan dan Pemulihan

Apakah Anda selalu mencari suplemen hebat berikutnya untuk meningkatkan kinerja olahraga Anda? Nah, buah delima bisa jadi pilihannya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi suplemen delima sebelum berolahraga dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan diameter pembuluh darah, yang mungkin membantu meningkatkan kinerja olahraga dengan menunda kelelahan.

Studi kesehatan kedua, yang lebih baru mengkonfirmasi hasil ini, menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen delima dapat meningkatkan pasokan oksigen melalui peningkatan aliran darah dan diameter pembuluh darah untuk meningkatkan kinerja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES