Kesehatan

Menikmati Segarnya Manfaat dari Buah Stroberi

Jumat, 12 April 2024 - 22:32 | 32.93k
Buah stroberi tak hanya segar, namun juga kaya manfaat (Foto: Freepik)
Buah stroberi tak hanya segar, namun juga kaya manfaat (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah Stroberi adalah salah satu buah yang paling populer, menyegarkan dan bergizi untuk kesehatan.

Berry yang manis dan sedikit asam ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan tidak secara cepat meningkatkan gula darah, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menderita diabetes dan tambahan yang aman dan lezat untuk diet apa pun.

Buah dan sayuran dari semua jenis, termasuk stroberi, menawarkan banyak manfaat kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan bahwa mengkonsumsi 400 gram (g) buah dan sayuran sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Stroberi memberikan berbagai manfaat potensial dan dapat mendukung pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

1. Mencegah penyakit jantung

Makan strawberry dapat membantu mencegah penyakit jantung. Stroberi mungkin memiliki efek pencegahan terhadap penyakit jantung karena kandungan polifenolnya yang tinggi. Polifenol adalah senyawa tanaman yang baik untuk tubuh.

Sebuah laporan 2019 menyarankan bahwa anthocyanin dalam stroberi memiliki kaitan dengan risiko yang lebih rendah dari jenis serangan jantung yang dikenal sebagai infark miokard. Kandungan serat dan kalium dalam stroberi juga mendukung kesehatan jantung.

Dalam satu studi 2011, peserta yang mengonsumsi 4.069 miligram (mg) kalium per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dari  penyakit jantung iskemik bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg kalium per hari.

2. Mencegah stroke

analisis ini melihat hubungan antara antioksidan yang ada dalam stroberi dan risiko stroke. Ditemukan bahwa mereka secara moderat mengurangi risiko stroke setelah penulis penelitian memperhitungkan faktor risiko kardiovaskular.

Namun, penulis studi menyarankan agar berhati-hati dalam mengambil hasil penelitian terlalu harfiah, karena mereka melihat dampak keseluruhan flavonoid daripada tanggapan langsung peserta terhadap dosis.

3. Mencegah Kanker

Antioksidan kuat dalam stroberi dapat bekerja melawan radikal bebas. Ulasan menunjukkan bahwa  faktor ini dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sementara tidak ada buah yang bertindak sebagai pengobatan langsung untuk kanker, stroberi, dan buah-buahan serupa dapat membantu  mengurangi risiko beberapa orang mengembangkan penyakit ini.

4. Menurunkan tekanan darah

Karena kandungan kalium yang tinggi, stroberi dapat memberikan manfaat bagi orang yang memiliki risiko tekanan darah tinggi dengan membantu mengimbangi efek natrium dalam tubuh.

Asupan kalium yang rendah sama pentingnya dengan faktor risiko tekanan darah tinggi seperti asupan natrium tinggi. Stroberi adalah cara untuk membantu orang mengonsumsi lebih banyak kalium dalam makanan mereka.

5. Mengatasi Sembelit

Mengonsumsi makanan seperti stroberi, anggur, semangka, dan blewah yang tinggi kadar air dan seratnya dapat membantu menghidrasi tubuh dan mempertahankan buang air besar secara teratur. Serat sangat penting untuk meminimalkan sembelit dan menambahkan kotoran pada tinja.

6. Mereduksi risiko diabetes

Stroberi adalah pilihan buah yang sehat untuk penderita diabetes. Kandungan serat yang besar dari buah beri juga membantu mengatur gula darah dan menjaganya tetap stabil dengan menghindari tinggi dan rendah yang ekstrem.

Serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu orang merasa kenyang lebih lama setelah makan.

Ini dapat mengurangi dorongan untuk ngemil di antara waktu makan, yang akan mendukung manajemen glukosa dan mengurangi risiko lonjakan gula darah yang berbahaya untuk kesehatan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES