Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Lebaran

Sabtu, 13 April 2024 - 10:31 | 29.13k
ILUSTRASI  - Suasana Lebaran. (FOTO: iStock)
ILUSTRASI - Suasana Lebaran. (FOTO: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTALebaran tinggal menghitung hari. Agar bisa menikmati momen Lebaran bersama keluarga, Anda harus menjaga kesehatan tubuh. Konsultan nutrisi Jansen Ongko mengungkapkan tiga langkah agar tubuh menjadi lebih sehat saat Lebaran. Apa saja?

1. Jaga pola makan

Meski sudah memasuki pekan akhir Ramadhan, jangan lupa tetap menjaga pola makan yang penuh nutrisi. Bisa jadi rasa semangat saat menyiapkan menu sahur dan buka sudah mulai melempem pada akhir Ramadhan, tapi itu bukan alasan menyantap makanan-makanan rendah nutrisi. Pastikan gizi harus terpenuhi untuk menjalani aktivitas selama sehari.

"Jangan cuma minum teh hangat untuk sahur, justru itu membuat kita lapar dan tidak konsentrasi karena nafsu makan meningkat akibat hormon pemicu lapar terlalu tinggi," kata Jansen.

2. Istirahat

Jadwal buka puasa bersama sudah memenuhi kalender Anda? Jangan lupa untuk beristirahat secara teratur selama berpuasa. Bila terlalu lama begadang, tubuh akan lebih lelah saat beradaptasi untuk puasa hari berikutnya.

3. Aktif bergerak

Meski berpuasa, bukan berarti Anda tidak melakukan kegiatan apapun. Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda juga perlu aktif bergerak. Ia juga mengingatkan untuk tidak bermalas-malasan sepanjang puasa. Ketika tubuh tidak aktif bergerak, pikiran akan terus tertuju pada rasa lapar dan waktu menuju petang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES