Kesehatan

Cegah Hipertensi, Ayo Lari Pagi

Kamis, 09 Mei 2024 - 03:29 | 36.86k
Ilustrasi - Olahraga lari di pagi hari (Foto: dmoose)
Ilustrasi - Olahraga lari di pagi hari (Foto: dmoose)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari, khususnya, dapat meningkatkan perasaan bahagia dan suasana hati secara keseluruhan.

Dengan demikian, Anda akan lebih terhindar dari risiko hipertensi, terutama yang disebabkan oleh stres. Olahraga juga berdampak positif pada aliran darah dan kekuatan jantung, sehingga membantu mencegah hipertensi kronis.

Cobalah untuk mengalokasikan 20 menit atau setengah jam waktu Anda setiap hari untuk melakukan kegiatan fisik. Lakukan olahraga  sederhana seperti jalan cepat, latihan pemanasan, bersepeda, dan latihan lain seperti aerobik  dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui, latihan aerobik dapat meningkatkan laju detak jantung, sehingga pasien dengan penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter untuk latihan yang cocok.

Jangan melakukan olahraga secara berlebihan jika Anda baru saja mulai. Latihan membutuhkan beberapa waktu sebelum tubuh Anda bisa terbiasa. Jantung Anda juga perlu membiasakan diri  sebelum melakukan latihan yang lebih berat. Oleh karena itu, sebaiknya olahraga dimulai dari yang paling ringan dan ditingkatkan secara bertahap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES