Kesehatan

Tips Mengatasi Dampak Negatif Gadget pada Kesehatan Mata Anak

Kamis, 20 Juni 2024 - 06:11 | 19.74k
Ilustrasi - Anak bermain Gadget. (FOTO: pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi - Anak bermain Gadget. (FOTO: pexels/Andrea Piacquadio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Era digital telah membawa banyak manfaat, tetapi juga sejumlah tantangan, terutama bagi kesehatan anak-anak. Penggunaan gadget seperti tablet, smartphone, dan perangkat elektronik lainnya dapat berdampak buruk pada kesehatan mata anak-anak.

Namun, dampak negatif ini dapat dicegah dengan beberapa langkah berikut yang dirangkum dari Tabloid Bintang:

1. Kenalkan Gadget di Usia yang Tepat
Meskipun melihat anak tenang saat bermain gadget bisa menyenangkan bagi orang tua, ini bukan solusi terbaik untuk perkembangan mereka.

Penting bagi orang tua untuk memperkenalkan gadget pada usia yang tepat, yaitu setelah anak memiliki cukup pengalaman belajar di sekolah dan bersosialisasi dengan teman-temannya.

2. Buat Batasan Waktu Penggunaan
Menetapkan batasan waktu penggunaan gadget adalah langkah penting. Orang tua harus tegas dalam menentukan durasi anak bermain gadget sejak dini.

Disiplin dalam penerapan aturan ini akan membantu anak membentuk kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi. Menggunakan aplikasi pengatur waktu dapat membantu membatasi penggunaan gadget, sehingga perangkat akan terkunci setelah waktu habis dan hanya bisa digunakan kembali pada waktu yang ditentukan.

3. Ajak Anak Berdiskusi
Melibatkan anak dalam diskusi tentang aturan penggunaan gadget membantu mereka memahami alasannya.

Misalnya, ketika anak bertanya mengapa mereka tidak boleh terlalu sering bermain gadget, orang tua harus memberikan penjelasan tentang bahaya penggunaan gadget yang berlebihan. Diskusi ini juga melatih anak untuk mengemukakan pendapatnya.

Tiga langkah ini dapat membantu menjaga kesehatan mata anak. Mengingat mata adalah jendela dunia dan sumber pembelajaran, menjaga kesehatan mata dengan kebiasaan sehat sangat penting. Selain itu, pastikan kebutuhan nutrisi harian anak terpenuhi untuk mendukung kesehatan mereka secara keseluruhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES