Ketahanan Informasi

Siswa SMAN 1 Pacitan Terpilih Jadi Anggota Parlemen Remaja DPR RI

Jumat, 07 Oktober 2022 - 17:56 | 63.61k
Siswa SMAN 1 Pacitan Terpilih Jadi Anggota Parlemen Remaja DPR RI
Siswa kelas X SMAN 1 Pacitan, Audi Aulia Sudrajad berpakaian pramuka terpilih menjadi Anggota Parlemen Remaja DPR RI. (FOTO: Adi Supratikto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Siswa kelas X di SMAN 1 Pacitan, Jawa Timur, yang bernama Audi Aulia Sudrajad terpilih menjadi Anggota Parlemen Remaja DPR RI.

Kepala SMAN 1 Pacitan, Adi Supratikto mengaku bangga atas upaya salah satu anak didiknya sehingga bisa terpilih untuk mengikuti program yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI pada 10-14 Oktober 2022 mendatang di Bogor, Jawa Barat.

"Atas capaiannya, siswa yang bersangkutan sangat membaggakan sekolah. Terima kasih telah berupaya secara mandiri, kami hanya bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya," katanya, Jumat (7/10/2022).

SMAN-1-Pacitan-2.jpg

Menurut Adi, program tersebut merupakan cara untuk mendidik generasi muda agar lebih mengenal ilmu politik sejak usia dini. Terlebih pembelajaran diperoleh siswa tidak hanya melulu di bangku sekolah saja.

"Kami hanya memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa agar saat mengikuti program Parlemen Remaja benar-benar menghayati bagaimana rasanya menjadi wakil rakyat," terangnya kepada TIMES Indonesia.

Di samping itu, pihaknya pun mengapresiasi kepada orang tua siswa yang telah memberikan bimbingan saat di rumah. Besar harapannya menjadi inspirasi bagi siswa lainnya setibanya di sekolah.

"Sekali lagi terima kasih. Selamat bertugas, laksanakan dengan sebaik-baiknya. Tetap jaga nama baik almamater. Semoga setelah ini bisa menginspirasi teman-temannya yang lain," pinta Adi Pratikto.

Diketahui, bahwa program Parlemen Remaja tahun 2022 yang mengundang siswa SMA atau sederajat seluruh Indonesia kali ini mengusung tema Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku' sebagai ajang edukasi bagi generasi muda supaya lebih mendalami prinsip-prinsip dasar demokrasi dan parlemen.

Calon duta parlemen yang dinyatakan lulus seleksi akan diberikan bekal pengalaman perpolitikan dalam kemasan menarik dikemas secara menarik selama lima hari dan berperan sebagai anggota DPR.

Selain itu, para siswa akan melakukan simulasi tugas DPR, yakni mekanisme pembahasan rancangan undang-undang, rapat kerja dan rapat paripurna. Selanjutnya, mereka juga akan menjalankan fungsi pengawasan, antara lain kunjungan kerja ke sejumlah tempat.

Tak hanya itu, Anggota Parlemen Remaja DPR RI juga ditempa bagaimana cara mengambil keputusan yang adil, saling menghargai pendapat dan pandangan. Demikianlah dinamika menjadi wakil rakyat.

"Prinsipnya, kami memberikan ruang kepada siswa untuk menjadi yang terbaik dan siap menghadapi tantangan zaman," jelas Kepala SMAN 1 Pacitan, Adi Supratikto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES