Ketahanan Informasi

Wali Kota Gorontalo Berharap Petani Penerima Bibit Cabai dapat Membantu Pengendalian inflasi

Rabu, 23 November 2022 - 15:16 | 8.22k
Wali Kota Gorontalo Berharap Petani Penerima Bibit Cabai dapat Membantu Pengendalian inflasi
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menyerahkan bibit tanaman cabai ke salah satu petani. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo, Marten Taha berharap petani penerima bibit tanaman cabai dapat membantu mendukung pengendalian inflasi di Kota Gorontalo. Ia juga berharap, bantuan yang diberikan itu dapat bermanfaat secara optimal dalam mendukung ketahanan pangan di Kota Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan Marten Taha saat memberikan sambutan di pada kegiatan penyerahan bantuan bibit tanaman cabai sawit, sarana dan prasarana pertanian di Kota Gorontalo tahun 2022 yang dilaksanakan di Kantor Camat Sipatana, Rabu (23/11/2022).

“Bantuan yang diberikan pemerintah ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada petani dan masyarakat di Kota Gorontalo dalam rangka mendukung peningkatan produksi pertanian sekaligus motivasi yang diberikan untuk mempertahankan eksistensi usaha pertanian perkotaan di daerah ini,” kata Marten Taha

Menurutnya, Kota Gorontalo yang sebagai ibukota Provinsi Gorontalo merupakan kota perdagangan dan jasa yang cukup unik dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Pasalnya, Kota Gorontalo masih mempertahankan kawasan pertanian yang masih cukup luas dengan potensi lahan sawah 795 hektar.

“Ada 250 hektar masuk dalam lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B), dan potensi lahan kering seluas 155 hektar untuk budidaya jagung, cabai, sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias yang menyebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Gorontalo,” ujarnya

“Hal tersebut menandakan bahwa pertanian perkotaan di daerah ini cukup memberikan kontribusi penghasilan bagi petani sekaligus menjadi salah satu penopang ekonomi masyarakat,” sambungnya

Untuk mendukung itu, kata Marten, Pemerintah Kota Gorontalo mengalokasikan anggaran melalui dana APBD II pada tahun 2022 berupa bantuan tanaman cabai rawit sejumlah 3,468 pohon yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat di sejumlah kecamatan yang ada di Kota Gorontalo.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kota Gorontalo memperoleh juga alokasi anggaran melalui dana APBN Kementerian Pertanian RI berupa sarana dan prasarana pertanian sebagai pendukung kegiatan ketahanan pangan di Kota Gorontalo,” tutup Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES