Indonesia Positif

Gubernur Murad Ismail: Peran Ibu Sangat Menentukan Masa Depan Seorang Anak

Rabu, 23 November 2022 - 16:41 | 22.16k
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku Drs. Titus F. L. Renwarin, M.Si. (Foto: Dinas Infokom Provinsi Maluku for TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku Drs. Titus F. L. Renwarin, M.Si. (Foto: Dinas Infokom Provinsi Maluku for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AMBON – Mewakili Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku, Drs. Titus F. L. Renwarin, M.Si membuka secara resmi Konferensi Daerah IX Wanita Katolik Republik Indonesia Dewan pengurus daerah Maluku-Maluku Utara.

Digelar di Aula Kopertis Karang Panjang, Rabu( 23/11/2022), acara ini dihadiri Forkopimda, Pimpinan OPD, Kakanwil Agama, perwakilan Sinode, Para Uskup, Para Pastor dan peserta Konferda IX Wanita Katolik Republik Indonesia Dewan pengurus daerah Maluku-Maluku Utara.

Gubernur Maluku mengatakan perempuan merupakan mitra setara kaum laki-laki dalam gerak bersama menjaga dan merawat kehidupan.

"Perempuan merupakan subjek yang kehadirannya sangat penting dalam mewujudkan kehidupan yang damai sejahtera," kata Titus F. L. Renwarin saat membacakan sambutan Gubernur..

Oleh sebab itu, lanjutnya, peran dan tanggung jawab kaum perempuan dalam ruang domestik mapun ruang publik perlu dioptimalkan dari waktu ke waktu.

Bukan itu saja, peran perempuan dalam keluarga merupakan hal  yang sangat menentukan dan strategis karena keluarga merupakan basis pembinaan yang paling utama. Ketika pembinaan keluarga dilakukan secara terencana, sistimatis dan optimal, dipastikan dapat melahirkan pribadi anak yang sehat, cerdas, terampil dan berkualitas.

“Peran seorang perempuan sebagai ibu atau mama menjadi sangat menentukan masa depan anak-anak dan keluarga. Tak heran jika banyak lagu ditulis untuk mengenang sosok ibu atau mama seperti Satu Tetes Air Susu Mama, Bikin Beta su Jadi orang. Biar dengan Kain Kabaya Busu e, Mama Tetap Beta pung Mama eee”, ungkap Murad. 

Selain berperan di ruang domestik dan keluarga, perempuan juga memiliki peran dan kedudukan di ruang-ruang publik yang turut menentukan keputusan dan kebijakan strategis yang berdampak pada kesejahteraan banyak orang.

Untuk itu, lanjutnya, dengan semakin terbukanya ruang dan peluang bagi perempuan pada berbagai bidang kehidupan maka nilai-nilai yang dimiliki oleh perempuan yang penuh kasih, sabar, teliti dan tekun akan mewarnai capaian-capaian bersama.

Untuk itu, dalam konferda, selain menerima dan mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pengurus Daerah masa bakti 2017-2022, juga menetapkan strategi kerja untuk periode 2022-2027.

Dirinya sangat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pengurus yang telah menjalankan tugasnya saat ini, pengurus yang telah bekerja keras dan bekerjasama memajukan organisasi.

Dikatakan lagi, pergantian pengurus merupakan hal yang lumrah dalam sebuah organisasi, untuk itu perlu menjadi perhatian adalah bagaiamana merumuskan visi dan gaya kepemimpinan yang kuat.

Sebab, Organisasi Wanita Katolik RI Wilayah Maluku perlu mendapat dukungan juga dari pimpinan gereja, Bapak Uskup, Para Pastor dan semua umat Katolik serta para stakeholder.

Dijelaskan lagi, pemerintah sebagai mitra organisasi sosial keagamaan tentu akan bekerjasama dan bersinergi dengan berbagai Lembaga sosial keagamaan, termasuk dengan Wanita Katolik RI.

"Dengan dibukanya kegiatan ini, Tuhan berkenaan memakai organisasi Wanita Katolik RI Wilayah Maluku-Maluku Utara untuk menjadi berkat bagi anggota, masyarakat dan terlebih untuk kemuliaan Tuhan," tutupnya Murad Ismail.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES