Resensi Info Haji 2023

Jelang Berangkat Haji 2023, Luruskan Niat Semata-mata karena Allah 

Rabu, 08 Maret 2023 - 08:02 | 55.16k
Salah satu potret kondisi Masjidilharam. Sebelum menjalankan ibadah haji, jemaah perlu meluruskan niat hanya karena Allah SWT. (FOTO: imigrasi.go.id)
Salah satu potret kondisi Masjidilharam. Sebelum menjalankan ibadah haji, jemaah perlu meluruskan niat hanya karena Allah SWT. (FOTO: imigrasi.go.id)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, JAKARTA. – Sebagai ibadah yang spesial, haji membutuhkan berbagai persiapan khusus. Bagi jemaah yang akan berangkat haji 2023, tak ada salahnya berbagai persiapan dilakukan mulai sekarang. 

Haji sebagai ibadah spesial bisa dilihat dari perbandingan dengan ibadah-ibadah lain. Misalnya shalat, wajib sehari 5 waktu, seumur hidup,  sedangkan haji yang wajib hanya sekali. Shalat wajib bisa dilaksanakan oleh siapa saja, sedangkan haji dilaksanakan bagi mereka yang memenuhi kriteria istitha’ah atau mampu. Dan,  shalat bisa dilaksanakan di mana saja, tetapi haji harus dilaksanakan di Makkah dan sekitarnya. Shalat dilakukan kapan saja, sedangkan haji harus dilaksanakan di bulan Zulhijah. Serta masih banyak perbandingan yang menunjukkan bahwa haji merupakan ibadah spesial. 

Maka, menjelang berangkat haji, juga perlu persiapan yang spesial. Karena, saat musim haji, umat muslim sedunia yang akan beribadah bersama-sama di Arab Saudi. Berikut beberapa persiapan spesial menjelang berangkat ibadah haji: 

1. Belajar ilmu tentang haji.
2. Persiapan kesehatan.
3. Bekal materi atau biaya.
4. Kesiapan rohani yang ikhlas, sabar, syukur, tawakal, dan semua yang membekali kesiapan hati untuk haji. 
Dari berbagai bekal yang perlu disiapkan tersebut, ada bekal berhaji yang utama adalah taqwa. 

Banyak simbol dalam ibadah haji, yang menjadi teladan dalam sikap keseharian. Misalnya saat memakai kain ihram, dua lembar kain putih,  mengingatkan kita lahir kita tidak memakai apa-apa. Seseorang yang akan berangkat haji harus membersihkan hatinya terlebih dahulu dari semua niat selain Allah serta meluruskan niat untuk berhaji karena Allah SWT. 

Tidak boleh sombong karena mampu berangkat haji, karena sesungguhnya harta dan kemampuan seseorang untuk berhaji adalah pemberian dari Allah SWT. Maka, bekali haji kita dengan hati yang bersih dan niat yang benar, semata-mata karena panggilan Allah SWT. Juga, dari kain ihram simbol kesederhanaan, hidup sederhana tidak bermegah-megahan, tidak boleh sombong dengan gelar, pangkat, jabatan, harta benda, kekuasaan dan lainnya. 

Pribadi yang telah berhaji adalah mereka yang senantiasa bersih hati, rendah hati, sederhana dan tidak membangga-banggakan jabatan, pangkat, harta kekayaan dan kekuasaannya. Berbagai refleksi di atas, sekiranya dapat menjadi bekal sebelum berangkat haji 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES