Dimensi Menuju Kebijakan Publik

TIMESINDONESIA, MALANG – Buku berjudul “Kebijakan Publik: Evaluasi, Reformasi, Formulasi” ini ditulis oleh Hayat, S.AP., M.Si, dosen Unisma (Universitas Islam Malang). Beliau menempuh pendidikan S1 pada bidang Ilmu Administrasi Negara di Universitas Islam Malang (2002-2007). Dan pendidikan S2 pada bidang Administrasi Publik/ Kebijakan Publik di Universitas Merdeka Malang (2009-2012). Serta saat ini sedang melanjutkan studi di Program Doktor Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Publik di Universitas Brawijaya Malang.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Advertisement
Buku ini dibuat untuk pegangan bagi mahasiswa hingga dosen khususnya bagi yang mengkaji ilmu Administrasi Publik dan Pemerintahan yang mengkaji tentang suatu kebijakan-kebijakan publik. Buku ini menguraikan tentang suatu organisasi mempunyai karakteristik yang turun-temurun, mulai karakteristik yang baik hingga yang buruk maka dari itu diperlukannya sebuah proses kebijakan publik. Dalam buku ini termuat aspek kebijakan publik meliputi Evalusi, Reformasi, dan Formulasi, dimana kebijakan publik pastinya diikuti reformasi yang yang melekat dalam aspek-aspek kebijakan. Kebijakan publik memerlukan tahapan-tahapan untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang biasanya tidak disertai dengan formulasi/perencanaan yang baik dan sesuai kebutuhan masyarakat. Buku ini dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari dan memahami konsep dalam pengembangan ilmu-ilmu yang menyikapi hubungan tentang proses kebijakan publik. Buku ini terdiri dari 9 bab yaitu:
BAB I : Pendahuluan
Dalam bab I, penulis menjelaskan tentang arti teori, konsep dan metode hingga dimensi dan pendekatan meliputi ruang lingkup/konteks, arena hingga gambaran tentang proses kebijakan.
BAB II : Kebijakan Publik
Bab yang kedua ini menjelaskan tentang teori kebijakan publik bahwa semua yang ditetapkan oleh pemerintah disebut dengan kebijakan. Yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah publik. Dalam setiap pembahasan dari ahli teori, penulis selalu memberikan gambaran yang terjadi saat ini. Dalam sebuah kebijakan publik dibutuhkan peran/kolaborasi antara state (Negara), private sector (pihak swasta) dan civil society (masyarakat) yang terlibat dalam penentuan, pelaksanaan dan evaluasi kebijakan-kebijakan. Penulis menyimpulkan fungsi dari sebuah kebijakan publik yaitu untuk memberikan arah kerja atau kegiatan agar sesuai dengan apa yang menjadi keinginanpara actor pembuat kebijakan.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
BAB III : Evaluasi Kebijakan Publik
Pada bab ini, penulis menjelaskan tentang pentingnya sebuah evaluasi dalam kebijakan. Penulis menjelaskan bahwa pentingnya evaluasi tersebut suatu kegiatan pemberian nilai sebuah fenomena yang bertujuan untuk mengatur kehidupan bersama, dalam arti untuk mencapai tujuan (visi dan misi) bersama yang telah disepakati. Direktorat Evalusi Kinerja Pembangunan Sektoral Kementrian Perencanaan Pembangunan/ Bappenas (2013) menyatakan bahwa untuk menciptakan suatu evaluasi kebijakan yang efektif dan efisien, ada beberapa kosep pokok yang harus dilakukan yaitu keluaran kebijakan (Policy Outputs), hasil kebijakan (Policy Outcomes), dan dampak kebijakan (policy impacts).
BAB IV : Penilaian Kinerja
Bab ini penulis menggambarkan presentase kondisi akan lemahnya pelayanan publik di Indonesia ini dapat dilihat dengan cara penilaian kinerja pegawai sebagai pelaksana dari kebijakan pemerintah. Menurut LAN (2012), bukti tentang buruknya kualitas pelayanan publik didukung oleh beberapa hasil penelitian mengenai kinerja pelayanan yang dilakukan oleh birokrasi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Hal tersebut terjadi karena (1) minimnya kejujuran, (2) melanggar SOP, (3) masalah alur pelayanan, (4) sistem penanganan keluhan, (5) ketersediaan sarana dan fasilitas pelayanan.
BAB V : Reformasi Birokrasi
Dalam bab ini penulis memberi artian bahwa Reformasi Birokrasi merupakan sebuah instrument untuk mengembalikan trust publik dan menciptakan tatanan pemerintah menjadi lebih baik dengan pelayanan publik yang professional, akuntabel, am transparasi. Adanya birokrasi tentunya diawali dengan munculnya sebuah permasalahan yang timbul pada sebuah organisasi atau lembaga. Dalam hal ini penulis menegaskan bahwa masyarakat hanya bisa memonitori semua penyelenggaraan oleh pemerintah dan memastikan apakah pelayanan publik sudah berjalan secara baik. Dan untuk pemerintahan yang baik, tentunya semua stakeholder bekerjasama sesuai dengan fungsi dan wewenangnya.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
BAB VI : Pelayanan Publik Dan Good Governance
Dalam bab ini, penulis memberikan penguat tentang pengertian dari pelayanan publik. Menurutnya, pelayanan publik adalah pemberian hak dasar kepada warga Negara atau masyarakat sesuai dengan perundang-undangan. Tidak hanya melayani dalam makna harfiyahnya, tetapi pelayanan secara menyeluruh terhadap aspek yang dilayani. Dalam tiap-tiap indikator kualitas pelayanan penulis memberikan contoh dan gambaran yang signifikan. Indikator tersebut meliputi (1) Tangibles (2) Reliability (3) Responsiveness (4) Assurance (5) Emphaty.
BAB VII : Formulasi Kebijakan Publik
Dalam bab ini penulis menjelaskan tentang konsep, prinsip-prinsip hingga model kebijakan publik. Jadi semua itu diformulasikan untuk mencapai kebijakan-kebijakan yang telah diinginkan.
Kelebihan dan Kekurangan Buku
. Kelebihan:
Buku ini sudah tersusun dengan baik dan di dalamnya terdapat contoh-contoh di setiap penjelasannya yang disertai kesimpulan di setiap akhir babnya sehingga memudahkan pembaca saat membaca buku ini.
. Kekurangan:
Kekurangan buku ini adalah terdapat beberapa kata yang susah untuk pembaca yang baru pertama kali membacanya. Selain itu, cover buku ini terlihat kurang menarik untuk dilihat.
Kesimpulan
Buku ini merupakan buku yang baik untuk menjadi pegangan mahasiswa dalam pembelajaran ilmu administrasi. Buku ini banyak disusun dengan baik sehingga mudah untuk mahasiswa dalam mencari materi dari buku ini.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.i
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Dhina Chahyanti |
Publisher | : Sholihin Nur |