Peningkatan Efektivitas Pemasaran dengan memanfaatkan Instagram Insight

TIMESINDONESIA, MALANG – Pada era digital seperti sekarang ini, sosial media instagram menjadi sebuah kebutuhan bagi generasi milenial. Instagram saat ini tidak hanya sebagai media sosial biasa yang hanya digunakan untuk sarana komunikasi, informasi serta menyimpan dan membagikan foto maupun video saja. Namun lebih dari itu instagram menjadi salah satu media sosial yang membantu penggunanya yang memiliki suatu usaha atau bisnis untuk memperkenalkan dan memasarkan kepada pengguna yang lainnya. Kegiatan pemasaran yang sering dilakukan di instagram yaitu penjualan, periklanan, pelayanan jasa dan juga branding.
Instagram sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Penyebab banyaknya pengguna instagram salah satunya yaitu dikarenakan instagram merupakan platform yang terus berkembang menyesuaikan trend atau perkembangan media sosial, seperti fitur insight instagram yang memudahkan user atau pengguna memantau aktifitas dari postingan maupun story yang dibagikan.
Advertisement
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Adanya fitur instagram insight ini membantu pengguna untuk mengetahui data yang dibutuhkan untuk meningkatkan pemasaran mulai dari data jumlah pengikut, jumlah akun yang melihat postingan, jumlah like, komentar dan jumlah konten yang dibagikan, jumlah interaksi yang terjadi pada akun, serta data jenis kelamin dan wilayah mengenai followers.
Selain itu dengan adanya instagram insight ini sangat membantu pengguna untuk menganalisis konten apa yang disukai oleh pengguna lain yaitu dengan adanya sistem jangkauan atau reach yang memberikan berbagai informasi mengenai jumlah pengunjung atau akun yang melihat dan berinteraksi pada setiap postingan maupun story yang diurutkan berdasarkan dari tingkat jangkauan atau reach terbanyak selama postingan dan story yang telah dilakukan.
Tidak hanya itu instagram insight juga memberikan informasi mengenai aktivitas profil bisnis dikunjungi oleh pengguna lain, mulai dari visit profil instagram, email, website dan lain sebagainya.
Dengan adanya fitur instagram insight tersebut dapat membantu pengguna yang memiliki usaha atau bisnis untuk meningkatkan efektivitas pemasaran yang dilakukan dengan melihat hasil dari instagram insight apakah pemasaran yang dilakukan menarik dan dapat diterima oleh pengguna lain dan mampu menjaring calon konsumen ataukah pemasaran yang dilakukan belum mampu menjaring calon konsumen atau bahkan cenderung gagal.
Semua hal tersebut akan menjadi evaluasi dan sarana untuk menciptakan strategi baru sehingga strategi pemasaran yang dilakukan dapat efektif dan dapat meningkatkan brand image dari usaha atau bisnis yang dilakukan.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Sebelum mengimplementasikan pemasaran melalui instagram dan menggunakan fitur instagram insight untuk mengetahui data, seorang pengguna harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari kegiatan pemasaran yang akan dilakukan untuk membantu dalam menentukan target market, serta strategi dalam pemasaran yang akan dilakukan.
Hal tersebut dikarenakan untuk menghindari adanya spam postingan atau story yang akan berakibat pada penurunan brand image. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasaran melalui instagram dan agar mendapatkan insight yang tinggi, antara lain:
1. Mengerti algoritma instagram yaitu dengan memahami di fitur insight instagram tentang seberapa banyak grafik ketertarikan followers atau pengikut terhadap postingan atau konten pemasaran yang dibuat.
2. Memahami perkembangan trend karena mayoritas pengguna instagram adalah kaum milenial yang belomba-lomba mengikuti suatu trend atau hal-hal yang sedang viral.
3. Konsisten dalam melakukan postingan konten pada pola jam sibuk. Pola jam sibuk pada akun instagram dapat dilihat pada fitur insight ketika akun instagram sudah tergabung dengan akun bisnis. Pada jam sibuk tersebut kegiatan posting, story maupun live ig harus dilakukan untuk meningkatkan insight.
4. Memposting atau story konten yang dibutuhkah oleh followers seperti solusi permasalahan, konten lucu, komunikasi dua arah dan juga kuis menarik. ***
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
*)Penulis: Tri sugiarti Ramadhan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (UNISMA)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Dhina Chahyanti |
Publisher | : Rochmat Shobirin |