Kopi TIMES

Melatih Kemampuan Berpikir Otak dengan Programming

Kamis, 29 Desember 2022 - 08:32 | 29.75k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Melatih kemampuan berpikir otak melalui programming merupakan cara efektif guna meningkatkan kemampuan mental dan kognitif. Programming atau pemrograman adalah proses menulis, menganalisis, serta mengeksekusi kode komputer dalam menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu.

Programming berguna meningkatkan kemampuan logis, analitis, dan sintetis otak. Sebagai contoh, saat melakukan programming harus mampu memecahkan masalah serta memecahnya menjadi bagian-bagian lebih kecil dan menyusun kembali bagian-bagian tersebut menjadi solusi terstruktur. Hal ini berguna dalam membantu mengembangkan otak dalam berpikir logis dan analitis.

Advertisement

Selain itu, programming juga membutuhkan otak manusia agar mampu mengolah informasi serta menyusunnya menjadi sebuah kode sehingga mampu dijalankan oleh komputer. Programming juga membantu meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir sintetis.

Tidak hanya itu, programming juga membantu meningkatkan kemampuan otak berpikir abstrak. Saat melakukan programming harus mampu mengkonversi masalah nyata menjadi sebuah representasi abstrak yang bisa diolah oleh komputer. Hal ini  membantu  mengembangkan kemampuan otak berpikir abstrak. Programming juga mampu memecahkan masalah secara lebih efektif.

Memulai melatih kemampuan berpikir otak dengan programming terdapat bahasa pemrograman yang sesuai minat dan tujuan mereka. Banyak bahasa pemrograman yang tersedia, seperti PHP, C#, Javascript, Ruby, dll. Setelah mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman tersebut, mulailah mencoba menyelesaikan masalah-masalah kompleks.

Strategi memaksimalkan pembelajaran programming terdapat kelas online atau kelas daring yang bisa diikuti, mengikuti workshop atau seminar, atau bergabung dengan komunitas programming. Dengan melakukan Melatih kemampuan berpikir otak dengan programming dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan kemampuan mental dan kognitif. 

Programming atau pemrograman adalah proses menulis, menganalisis, serta mengeksekusi kode komputer untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu.

Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Otak 

Programming bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan logis, analitis, dan sintetis. Saat melakukan programming harus mampu memecahkan masalah dengan memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyusun kembali bagian-bagian tersebut menjadi solusi yang terstruktur. Hal ini dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan logis dan analitis.

Selain itu, programming juga membutuhkan cara untuk mampu mengolah informasi dan menyusunnya menjadi sebuah kode yang dapat dijalankan oleh komputer. Ini dapat membantu  untuk meningkatkan kemampuan sintetis, yaitu kemampuan untuk menggabungkan informasi yang terpisah menjadi sebuah kesatuan yang lebih besar.

Tidak hanya itu, programming juga bisa membantu meningkatkan kemampuan otak berpikir abstrak. Saat melakukan programming harus mampu mengkonversi masalah nyata menjadi sebuah representasi abstrak sehingga dapat diolah oleh komputer. Hal ini bisa membantu seseorang untuk mengembangkan kemampuan otak berpikir abstrak dan memecahkan masalah secara lebih efektif.

Untuk mulai melatih kemampuan otak berpikir  dengan programming, seseorang dapat mempelajari bahasa pemrograman yang sesuai  minat dan tujuan mereka. Ada banyak bahasa pemrograman yang tersedia, seperti C, C++, Java, Python, dll. Setelah mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman tersebut, seseorang dapat mulai mencoba menyelesaikan masalah-masalah kompleks dengan memanfaatkan kemampuan yang telah mereka pelajari.

Untuk memaksimalkan pembelajaran, seseorang juga dapat mengikuti kelas online atau kelas daring, mengikuti workshop atau seminar, atau bergabung lewat komunitas programming.

Berdasarkan artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa programming dapat menjadi cara efektif untuk melatih kemampuan berpikir otak seseorang. Programming dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan logis, analitis, sintetis,serta berpikir abstrak. 

Untuk mulai melatih kemampuan berpikir otak dengan programming, seseorang dapat mempelajari bahasa pemrograman yang sesuai minat dan tujuan mereka, berlatih menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan dalam platform-platform seperti HackerRank atau CodeForces, serta mengembangkan proyek programming sendiri. Dengan melakukan cara-cara tersebut, seseorang dapat lebih cepat meningkatkan kemampuan berpikir otaknya sehingga menjadi lebih produktif dalam menyelesaikan masalah. (*)

* Penulis adalah Theofany Aulia mahasiswa Filkom Universitas Brawijaya Malang

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES