Kopi TIMES

Misi Kartini yang Tak Pernah Usai

Minggu, 21 April 2024 - 20:35 | 31.27k
Hanna dan Muthiatus, Duta Pancasila Kabupaten Malang
Hanna dan Muthiatus, Duta Pancasila Kabupaten Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Hari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April, merupakan momen berharga untuk menghormati dan merenungkan perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam upaya memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan di Indonesia. Sebagai tokoh pembaharu, Kartini telah menjadi inspirasi bagi banyak orang melalui semangat dan tekadnya untuk membuka jalan menuju kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. 

Peringatan Hari Kartini tidak hanya sekadar mengenang jasa-jasanya, tetapi juga menjadi panggilan bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan yang telah ia mulai. Semangat Kartini harus mendorong kita untuk melawan segala bentuk diskriminasi dan ketidakadilan yang masih ada di masyarakat. Dalam menghargai warisan Kartini, kita perlu memastikan bahwa perempuan memiliki akses yang setara dalam pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. Kita juga harus mendorong perubahan sikap dan budaya yang menghargai peran dan kontribusi perempuan dalam segala aspek kehidupan.

Hari Kartini adalah pengingat bahwa perjuangan untuk kesetaraan gender belum selesai. Oleh karena itu, mari kita berkomitmen untuk terus mendukung pemberdayaan perempuan, mendorong kesetaraan, dan membangun masyarakat yang lebih inklusif dan berkeadilan. Inilah cara terbaik untuk menghormati warisan Kartini dan menjadikannya nyata dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Sebagai perwujudan dari semangat Kartini masa kini, kami memiliki tekad yang kuat untuk meneruskan perjuangan yang dilakukan oleh Ibu Kartini demi mencapai kesetaraan dan kebebasan bagi perempuan. Kami sungguh-sungguh ingin memberikan pengakuan yang pantas terhadap kontribusi yang luar biasa yang telah dilakukan oleh perempuan dalam segala bidang kehidupan. Kami berkomitmen untuk melawan segala bentuk diskriminasi dan memastikan bahwa semua perempuan memiliki akses yang adil terhadap pendidikan berkualitas tinggi. Kami yakin bahwa pendidikan yang merata adalah kunci untuk memajukan perempuan dan masyarakat secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, kami berjuang untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan memastikan bahwa setiap perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pendidikan yang berkualitas, tanpa adanya hambatan berbasis gender. Kami berkomitmen untuk memerangi stereotip yang membatasi perempuan dalam dunia pendidikan, serta mendorong pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman yang berkelanjutan.

Selain itu, kami berupaya untuk memperkuat peran ekonomi perempuan. Kami percaya bahwa perempuan memiliki potensi yang tak terbatas dalam dunia bisnis dan ekonomi. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perempuan dalam mengembangkan keterampilan, memperoleh pendidikan dan pelatihan yang relevan, serta mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkarir, memimpin, dan berkontribusi dalam berbagai sektor ekonomi. Kami juga mendukung kebijakan yang memastikan kesetaraan gaji dan peluang yang adil bagi perempuan. 

Selanjutnya, kami bergerak maju dengan semangat pemberdayaan perempuan. Kami ingin memastikan bahwa setiap perempuan memiliki kesadaran diri yang kuat, pengetahuan, dan dukungan yang diperlukan untuk mengambil peran aktif dalam mengatur kehidupan mereka sendiri. Kami mendorong program-program pemberdayaan perempuan yang meliputi pelatihan kepemimpinan, pengembangan keterampilan, dan pembentukan kemitraan yang kuat. Dengan cara ini, kami berharap untuk melihat perempuan dengan keyakinan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang berdampak positif, baik bagi diri mereka sendiri maupun masyarakat secara luas.

Selain itu, hak reproduksi perempuan adalah hak asasi yang harus dihormati dan dilindungi. Kami berkomitmen untuk memperjuangkan akses yang aman dan legal terhadap layanan kesehatan reproduksi, termasuk akses terhadap informasi yang akurat, kontrasepsi, dan aborsi yang aman. Kami menghargai otonomi perempuan dalam membuat keputusan mengenai tubuh dan reproduksi mereka sendiri, serta mendukung hak perempuan untuk memiliki kendali penuh atas kehidupan mereka sendiri. 

Terakhir, kami menyadari pentingnya menghormati budaya dan nilai tradisional dalam upaya mencapai kesetaraan. Kami berkomitmen untuk menjaga dialog yang saling menghormati dan inklusif dengan masyarakat, keluarga, dan pemangku kepentingan lainnya. Kami memahami bahwa perubahan yang berkelanjutan harus dilakukan dengan mempertimbangkan konteks budaya dan nilai-nilai yang ada, sambil tetap mempromosikan prinsip-prinsip kesetaraan dan kebebasan perempuan. 

Dalam peran kami sebagai Kartini masa kini, kami memiliki harapan besar untuk meneruskan perjuangan Ibu Kartini dan mewujudkan visi kesetaraan dan kebebasan bagi perempuan di masa depan. Kami menyadari bahwa perubahan ini membutuhkan waktu, upaya, dan semangat yang tak tergoyahkan. Namun, dengan mempertahankan semangat perubahan dan membangun dukungan yang luas, kami yakin bahwa kita dapat menciptakan dunia yang lebih adil, setara, dan inklusif bagi semua perempuan.

***

*) Oleh : Hanna dan Muthiatus, Duta Pancasila Kabupaten Malang

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

*) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hainorrahman
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES