Kuliner

Banyak Diburu Traveler, Rahang Tuna Jadi Menu Primadona Kedai Tuna Morotai

Minggu, 29 Mei 2022 - 18:01 | 159.06k
Menu Rahang Tuna Bakar Rica di Kedai Tuna Morotai, di Kabupaten Pulau Morotai. (Foto: Asyura For TIMES Indonesia)
Menu Rahang Tuna Bakar Rica di Kedai Tuna Morotai, di Kabupaten Pulau Morotai. (Foto: Asyura For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Morotai adalah Pulau sejarah perang dunia kedua yang terletak di Utara Halmahera, Maluku Utara, juga terkenal melimpah kekayaan lautnya. Tentu hal ini sangat berpengaruh pada sajian makanan laut atau seafood di sejumlah Pusat Wisata Kuliner yang dibangun Pemkab Pulau Morotai.

Dari sejumlah Pusat Wisata Kuliner tersebut, ada salah satu lapak menyajikan menu spesial nan primadona yang selalu diburu para wisatawan saat ini. Adalah sajian Rahang Tuna Bakar Rica ala Kedai Tuna Morotai, bertempat di Eks Kawasan Lokasi Sail Indonesia, di Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Gurihnya ikan bakar Rahang Tuna membuat para Traveler setiap ke Morotai, menu tersebut menjadi buruan santapan mereka, karena tidak semua Kuliner menyajikannya. Bahkan hanya ada di Kuliner Kedai Tuna Morotai yang letaknya ditempuh hanya 5 menit dari pusat kota Daruba.

Rahang-Tuna-Bakar-Rica-2.jpg

Rahang Tuna adalah kepala ikan tuna yang tidak dianggap dan biasanya dibuang atau dijadikan limbah oleh nelayan, inilah dimanfaatkan oleh pengusaha Kuliner di Morotai lalu dikelola menjadi menu spesial.

Rahang Tuna sudah menjadi menu andalan dan primadona bagi para Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara ketika mampir di pulau bekas perang dunia dua ini pasti menikmati gurihnya Rahang Tuna Bakar Rica yang dipaketkan dengan nasi, sayur dan berbagai minuman seger.

"Sudah banyak wisatawan baik lokal, nusantara dan mancanegara telah mampir kesini untuk menikmati gurihnya menu Rahang Tuna Bakar Rica ala Kedai Tuna Morotai," ungkap Owner Kedai Tuna Morotai, Asyura Oemar, Minggu (29/5/2022).

Ia menjelaskan, cara pembuatannya adalah direndam dengan bumbu khusus kemudian dibakar, proses tersebut menjadikan daging bagian kepala ikan tuna ini lebih nikmat bahkan nyaris mirip daging daripada ikan. Kemudian dimandikan dengan sambal rica yang sudah diracik, dijamin maknyus.

Untuk memanjakan lidah, menurut Asyura, menyantapnya kita harus jeli sebab dagingnya terselip ditiap-tiap sudut tulang rahang, teksturnya pun masih terasa juicy dan lembut jika ditambah sambal dan sayur segar sajian ini benar-benar menggugah selera.

Rahang-Tuna-Bakar-Rica-3.jpg

Selain menu andalan Rahang Tuna Bakar Rica, Kedai Tuna Morotai juga menyuguhkan berbagai masakan olahan daging tuna. Antaranya Tuna Belly (daging bagian perut ikan tuna), Steak Tuna, Nasi Goreng Tuna Spesial dan Mie Goreng Tuna Spesial serta berbagi ragam jus buah seger.

"Tehnik marketingnya, karena saya ASN jadi pertama memanfaatkan relasi. Kedua Media Sosial, dimana saat ini adalah era disrupsi dengan digital marketing sangat efektif efisien bisa menjangkau konsumen. Ketiga, Lokasi Kedai Tuna berada di Pelataran Ex Sail Morotai, saat ini pusat event Kabupaten Pulau Morotai semua terpusat di lokasi tersebut jadi sangat mudah bagi konsumen/pelanggan untuk akses makan," tutupnya.

Nah jika penasaran, kalian bisa berkunjung ke Morotai atau datang ke Kedai Tuna Morotai di Kawasan Ex Sail di Desa Juanga Morotai. Ini cukup dengan merogoh kocek Rp40 ribu untuk satu paket Rahang Tuna ukuran kecil, ukuran sedan Rp50 ribu dan jumbo Rp65 ribu sudah bisa mendapatkan paket lengkap nasi, sayur kangkong cha dan minuman segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES