Kuliner

Bakso Cik Sam, Paduan Daging Sapi Lezat Berpadu Gurih Kuah Juara

Rabu, 14 September 2022 - 01:25 | 48.77k
Bakso Cik Sam, Paduan Daging Sapi Lezat Berpadu Gurih Kuah Juara
Porsi lengkap Bakso Cik Sam dalam satu mangkok besar, Selasa (13/9/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Siapa yang tak kenal bakso? Kuliner sejuta umat ini hampir disukai oleh semua orang tanpa batas usia. Walaupun berbahan daging sapi, namun harganya masih bisa ditoleransi. Rupanya hal itu juga menjadi alasan bagi Selebgram Samantha Bowlinn untuk membuka gerai Bakso Cik Sam di Kawasan Jalan Ambengan Surabaya.

Bakso Cik Sam merupakan bisnis kuliner perdana bagi Samantha setelah sukses mengembangkan usaha skincare. Namun siapa sangka, jika ia mendapat ilham jualan bakso secara tiba-tiba.

"Nggak sengaja sebenarnya iseng karena setelah pandemi ini kita harus kerja apa? Aku kebiasaan kalau ketemu teman bahasnya kerjaan," ucap Samantha sambil tertawa renyah, Selasa (13/9/2022).

Samantha-Bowlinn.jpgOwner Bakso Cik Sam, Samantha Bowlinn (blazer hijau) bersama rekannya saat promosi grand opening outlet perdana di Kawasan Jalan Ambengan Surabaya, Selasa (13/9/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Setelah berpikir panjang selama dua hari, ia ingin menjajal dunia kuliner namun harus menu favorit semua orang.

"Saya juga sering berdoa kayak minta petunjuk gitu, akhirnya tiba-tiba waktu di Gresik kayak ada yang ngomong, eh..buka bakso aja," kenangnya.

Ilham itu langsung ia sambut. Karena kebetulan Samantha kerap membuatkan kuah kaldu sapi untuk putri kecilnya sejak usia enam bulan sampai sekarang.

"Baksonya juga sering buatin anakku waktu kecil," tandas perempuan yang kerap mengonsumsi makanan sehat ini.

Samantha mengaku jika kebiasaan memasak itu ia mulai sejak 2020 lalu. Akhirnya terealisasikan menjadi sebuah usaha Bakso Cik Sam. Untuk proses produksi ia lakukan di rumah.

Samantha memulai jualan bakso dalam lima bulan terakhir secara online. Tak disangka, peminatnya cukup banyak.

"Dalam sehari habis 100-150 porsi bahkan sampai 300 porsi sampai dulu itu keteteran banget," kata Samantha saat grand opening.

Wanita 30 tahun ini meracik sendiri semua bahan dan bumbu. Termasuk monitoring kualitas rasa. Sehingga ia merasa percaya diri untuk membuka outlet pertama.

Kendati demikian, ia juga tak menampik jika pada awalnya menghadapi tantangan secara teknis. Karena ia juga harus memastikan stockist bahan-bahan serta menyerap ilmu manajemen pengelolaan outlet kuliner.

"Karena saya kan dari nol, dunia food and beverage baru sekarang," ujarnya.

Samantha tak menyerah. Ia langsung meracik resep otentik bakso. Aroma kaldu lezat sudah terasa saat memasuki outlet.

Ada bakso halus, bakso jumbo, bakso kotak, bakso tahu, siomay, dan aneka varian mi keriting maupun bihun. Harga bakso mulai dari Rp9000 porsi standar isi enam pentol sampai Rp30.000 untuk porsi lengkap.

Konsumen juga bisa menambah bawang goreng atau daun bawang secara self service alias ambil sendiri. Juga ada tambahan pilihan pilus dan lontong.

"Tempatnya bersih, rasanya enak harganya murah dan pasti aku sendiri yang bikin," ujarnya berpromosi.

Samantha juga optimistis usaha itu akan semakin berkembang. Pasalnya, ia juga telah menyiapkan dua outlet lagi di Jalan Progo dan Jalan Mayjend Sungkono.

"Progo harusnya Oktober, kalau Mayjend harusnya November atau Desember. Kalau nggak nututi, tahun depan," ucapnya.

Samantha kini memiliki delapan karyawan. Termasuk bagian pemasaran online dan fotografer agar gambar baksonya semakin memikat konsumen.

Karena Samantha juga mempromosikan Bakso Cik Sam di Live TikTok  dan Instagram. Ia menargetkan mampu menjual 1000 porsi per hari. Samantha sendiri memiliki ratusan ribu followers di Instagram.

"Targetnya yang pasti bisa 1000 mangkok per hari," kata Samantha.

Selain bakso, Cik Sam juga memiliki minuman kekinian andalan bernama Es Pencitraan. Terdiri dari sirup melon, susu, nata de coco, selasih dan jelly. Rasanya sangat segar serta unik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES