Kuliner

Kuliner Indonesia Banyak Disukai di South Florida

Minggu, 30 Oktober 2022 - 12:36 | 25.53k
Kuliner Indonesia Banyak Disukai di South Florida
Kuliner Indonesia kembali menjadi makanan kesukaan di South Florida Festival.(Foto: Maria/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, FLORIDA – Makanan tradisional atau kuliner Indonesia kembali menjadi makanan kesukaan di South Florida Festival.

Panitia Festival Kesehatan Jiwa Raga yang diadakan di pusat kebudayaan Deerfield Beach, Broward County pada tanggal 22 Oktober, kembali mengundang para pedagang makanan Indonesia yang dulu bergabung dengan Pameran Batik tanggal 8 Oktober lalu. Para pengunjung pusat kebudayaan sangat tertarik dengan makanan-makanan khas Indonesia.

Roslawati Husaen Ranru yang berasal dari Makassar dan tinggal di Miami selama 20 tahun lebih, menjual makanan Indonesia berupa nasi kuning, rendang, sayur nangka, sambel goreng kentang, mie goreng, perkedel, bakso tahu, dan mie bakso.

Ros juga adalah seorang YouTuber yang menayangkan tentang masakan-masakan Indonesia di sana (YT: Rose Miami Kitchen; IG: Rosehusain80, FB: Rose Husain).  Rose juga dibantu oleh temannya yang berkunjung dari Cuba, Triana Mulyawati.

Kuliner-Indonesia-b.jpg

Jajanan pasar dibuat oleh pakar jajanan pasar di Florida, Marga Tirtarahardja wanita asal Bogor yang bermukim di Delray Beach selama kurang lebih 22 tahun menyajikan lemper, risoles, kue putu ayu, kue pepe, singkong pelangi, ongol-ongol, arem-arem ayam, putri mandi, dan lapis Surabaya.

Marga yang sudah pensiun dari kerjaannya di salah satu rumah sakit di Florida, sangat senang dengan hobi membuat jajanan pasar dikarenakan banyak orang Amerika Serikat yang suka dengan jajanan pasar Indonesia. Marga juga senang dengan diadakannya kedua festival ini karena bisa mempromosikan budaya Indonesia lewat hasil kreasinya (IG: irgamonjubo).

Edi Mulyanto pria asal Brebes yang menjual tanaman tropis juga bergabung kembali di acara festival ini. Edi merupakan salah seorang pakar makanan Indonesia yang mempunyai salah satu restaurant Indonesia terbesar di Florida pada waktu lalu.

Edi beralih profesi menjadi penjual tanaman tropis yang popular lewat salah satu website Etsy. Pelanggan-pelanggan Edi tersebar luas di seluruh Amerika Serikat (Etsy: TropicalplantsFL dan TheNodes).

Salah satu pengunjung festival adalah penduduk local Deerfield Beach yang sangat senang dengan kebudayaan Indonesia. Dia sudah dua kali berkunjung ke pusat kebudayaan ini karena dia sangat suka dengan budaya dan makanan Indonesia. Dia pernah tinggal di Indonesia selama 20 tahun lebih. Para pengunjung banyak yang membeli makanan untuk disantap saat itu juga dan membeli makanan lebih untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Indonesia memang terkenal akan makanan khasnya. Bahkan, makanan khas Indonesia bisa ditemui di negara lain, termasuk Amerika Serikat. Hal tersebut menjadi tanda bahwa makanan asal Indonesia bisa diterima masyarakat setempat.

Makanan Indonesia yang kaya bumbu dan pedas disukai oleh orang Amerika. Ini terutama karena tren makanan Asia sudah mendunia.

Makanan Indonesia kaya akan rempah dan bumbu yang membuat rasa lezat dan gurih yang bisa dinikmati oleh semua orang. Mulai dari racikan sambal yang menjadi teman ayam goreng, hingga daun pisang yang identik menjadi wadah harum untuk menaruh makanan.

Lebih dari itu, sudah banyak warga negara Indonesia yang membuka bisnis restoran atau warung makan di luar negeri. Beberapa tempat makan makan tersebut bahkan viral dan terkenal karena menjual makanan khas Indonesia di negara asing.

Dengan adanya restoran asli Indonesia di luar negeri, bisa mewujudkan mimpi para diaspora yang tinggal di negara tersebut untuk melepas kangen akan kuliner Nusantara. Seperti di Amerika Serikat, sudah banyak restoran Indonesia yang buka dan menjadi sorotan kuliner dunia.(*)

Pewarta: Maria L Winchester, Kontributor TIMES Indonesia di Florida, USA.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES