Kuliner

Bukber Ramadan 2023, Yuk Berbuka Sambil Menikmati Pesona Alam Pedesaan Wisata Tirta Agung Bondowoso

Kamis, 09 Maret 2023 - 01:10 | 80.95k
Pengunjung Tirta Agung tampak bersantai di wahana Kala Senja sambil menunggu makanan datang (FOTO: Instagram wisata.tirta_agung)
Pengunjung Tirta Agung tampak bersantai di wahana Kala Senja sambil menunggu makanan datang (FOTO: Instagram wisata.tirta_agung)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sebentar lagi umat Islam akan segera melaksanakan ibadah puasa Ramadan 2023. Salah satu yang pasti ada adalah ngabuburit atau menunggu waktu adzan Maghrib tiba. 

Selain itu, umat Islam biasanya juga menggelar buka bersama (Bukber) saat Bulan Ramadan.

Ngabuburit biasanya diisi dengan datang ke tempat bazar takjil, ke tempat wisata dan berbagai kegiatan lainnya.

Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit adalah Wisata Tirta Agung.

Tirta-Agung-2.jpg

Tirta Agung merupakan salah satu wisata desa terbaik nasional. Dengan pemandangan alam pedesaan yang masih asri.

Berbagai wahana wisata dapat dinikmati oleh wisatawan. Sehingga cocok dijadikan tempat ngabuburit di Bulan Ramadan 2023.

Diantaranya terdapat kolam ikan yang awalnya adalah waduk. Di atasnya dibangun gazebo. Sehingga pengunjung bisa bersantai sambil memberikan pakan ikan.

Terdapat juga kan renang, dengan air yang mengalir dari pegunungan di sekitar desa tersebut.

Tirta Agung sendiri berlokasi di sekitar kaki pegunungan Ijen-Raung, tepatnya di Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumberwringin, Bondowoso, Jawa Timur.

Tidak hanya view untuk berswafoto, pengunjung juga bisa buka bersama di sana. Sebab di sana ada stand makanan dengan tempat didesain outdoor seperti cafe-cafe alam terbuka, ditambah lantai rumput sintetis, makin menyatu dengan alam.

Sambil menunggu adzan maghrib dan makanan selesai, jika dalam keadaan cerah, pengunjung bisa juga menikmati sunset di wahana Kala Senja.

Wisata alam buatan tersebut, berjarak sekitar kurang lebih 28 kilometer dari pusat kota, atau 50 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua. 

Ketua Pokdarwis Tirta Agung, Muhammad Fadil mengatakan, di bulan Ramadan 2023 tetap buka sejak pagi. Cuma memang di pagi hari bulan puasa biasanya sepi. 

Biasanya pengunjung mulai ramai ketika memasuki sore hari. "Kita buka paket puasa sore," kata dia saat dikonfirmasi, Rabu (8/3/2022).

Sementara untuk tempat nongkrong Kala Senja dibuka hingga malam hari Bulan Ramadan 2023. "Sampai sekitar jam 9 hingga jam 10 malam mas," jelas dia.

Menurutnya, menu yang disediakan di Tirta Agung cukup beragam. Mulai menu ala pedesaan hingga menu-menu seperti di rumah makan atau cafe pada umumnya.

"Ada menu ikan asin. Nasi khas seperti nasi kiriman ke sawah. Juga bisa by request, apa saja yang diinginkan pelanggan. Ada ikan bakar, ayam goreng dan sebagainya," paparnya.

Berkaca di tahun-tahun sebelumnya, pengunjung yang datang untuk berwisata memang agak menurun. Namun untuk paket buka puasa di Kala Senja Tirta Agung sangat meningkat. 

"Sore hari itu yang banyak. Mudah-mudahan ini berjalan lancar," harap dia.

Dia juga memaparkan, di Bulan Ramadan 2023 ada kegiatan festival hadrah. "Sebab selama dua tahun ini Pandemi, kita vakum tidak ada kegiatan," kata Fadil.

Setelah Pandemi Covid-19 mereda, pihaknya pada Ramadan 2023 tahun ini akan menyelenggarakan lagi festival hadrah tersebut. "Semoga berjalan lancar," imbuh dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES