Kuliner

Sejarah Seblak, Kuliner Sunda yang Kembali Populer 

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 01:26 | 217.85k
Seblak, kuliner khas Sunda.
Seblak, kuliner khas Sunda.

TIMESINDONESIA, JAKARTASeblak, makanan bercitarasa gurih pedas ini banyak penggemarnya. Beberapa tahun terakhir, seblak kembali populer hingga dapat mudah dijumpai penjual seblak. 

Sebenarnya makanan asli Sunda ini sudah ada sejak zaman kemerdekaan lho. Dulu disebut dengan kurupuk leor dalam bahasa Sunda, yang artinya kerupuk lemas. 

Yup, kerupuk menjadi salah satu isian dari semangkuk seblak. Kerupuk ini menjadi lemas karena dimasukkan dalam kuah rempah seblak. 

Namun jauh sebelum kurupuk leor, masyarakat Sunda sudah lazim dengan kerupuk lemas, karena ada kuliner bernama kerupuk godog atau kerupuk rebus. Bedanya kerupuk godog ini tidak menggunakan bumbu kencur yang menjadi rempah wajib dari seblak. 

Sedangkan seblak sendiri berasal dari kata 'nyeblak' yang berarti mengagetkan. Ada juga yang menyebut seblak dari kata 'segak' atau 'nyegak' yang artinya menyengat. 

Ungkapan itu memang cocok jika menilik rasa seblak yang pedasnya ngagetin dan menyengat ya. Seblak merupakan makanan berkuah pedas dengan ragam isian yang menggugah selera. 

Makanan hasil kreativitas warga Sunda ini wajib menggunakan kencur, rempah yang punya rasa pahit dan pedas. Kencur sendiri memang sering menjadi bumbu masak juga obat tradisional (jamu). 

Sementara isian seblak diantaranya kerupuk, makaroni, ceker, aci, dan beberapa ada yang menambahkan pokcoy atau sawi sebagai sayurnya. 

Namun kini banyak seblak kekinian yang isinya semakin beragam. Seperti bakso, siomay, sosis, kwetiaw, kikil, batagor, basreng dan lainnya bahkan ada juga yang ditambahkan keju mozarella. 

Nah baru-baru ini viral seblak Rafael di TikTok. Bekas anggota boyband Smash itu membuat konten berisikan cara membuat seblak. Berbeda dengan seblak yang berkuah, seblak Rafael cenderung kering dan uniknya menggunakan cobek sebagai wadahnya. Karena itulah Rafael menyebutnya seblak coet atau seblak cobek. 

Berikut cara membuat seblak Rafael yang viral di TikTok

Bahan-bahan:

Coet atau cobek
Kerupuk putih
Kencur yang sudah dipotong
Bawang daun
Cabai hijau 10 buah
Bawang putih 4 siung
Cabai rawit 5 buah
Garam, gula, micin dan penyedap rasa.
Minyak goreng

Cara membuat:

Cuci dengan air mengalir semua bahan yang akan digunakan. Potong bawang putih dan kencur di atas cobek.

Potong cabai rawit dan cabai merah, kemudian masukkan ke dalam cobek. Tambahkan gula, micin dan penyedap rasa secukupnya. Lalu, ulek sampai merata.

Kemudan, rebus kerupuk putih menggunakan panci, tunggu sampai sedikit lembek.

Tambahkan gula, micin dan penyedap rasa ke dalam coet. Tambahkan daun bawang sesuai selera.

Panaskan minyak. Kemudian, campurkan minyak panas tersebut ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu, aduk menggunakan sendok.

Jika sudah, masukkan kerupuk yang sudah direbus dan aduk dengan bumbu sampai merata.

Seblak coet pun siap untuk dinikmati. Dimakan selagi hangat pasti lebih nikmat. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES