Kuliner

Bakso Rusa: Kombinasi Lezat dan Sosial di Pesta UMKM 2023

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:11 | 161.64k
Salah satu tim penjual UMKM Bakso Rusa (Rumah Usaha NU) dengan produknya dalam event Pesta UMKM 2023 di NK Cafè Malang, Senin (28/8/2023). (FOTO: Andrias Setia Pribadi/TIMES Indonesia)
Salah satu tim penjual UMKM Bakso Rusa (Rumah Usaha NU) dengan produknya dalam event Pesta UMKM 2023 di NK Cafè Malang, Senin (28/8/2023). (FOTO: Andrias Setia Pribadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPesta UMKM 2023 telah berhasil menghadirkan perhatian publik, dengan salah satu sorotan utamanya adalah "Bakso Rusa," singkatan dari Bakso Rumah Sedekah NU. UMKM ini tidak hanya menawarkan cita rasa bakso daging sapi yang lezat, tetapi juga memancangkan misi sosial yang luhur.

Bakso Rusa adalah salah satu UMKM yang dinaungi oleh Rumah Sedekah NU dan menjadi bagian dari Pesta UMKM 2023 di NK Caffe Malang, berlangsung mulai tanggal 28 hingga 30 Agustus 2023. Stan mereka menampilkan beragam produk makanan dan minuman yang menarik, seperti bakso daging sapi, aneka madu, dan kopi, semuanya menjadi produk unggulan mereka.

Namun, yang membedakan Bakso Rusa adalah tujuan sosial yang mereka usung. Rumah Sedekah NU adalah lembaga yang komitmen untuk membantu masyarakat membutuhkan. Sebagian dari pendapatan dari penjualan bakso digunakan untuk mendukung program-program sosial, seperti bantuan pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan pertolongan kepada mereka yang kurang beruntung.

Rifqi Iskandar, anggota tim Bakso Rusa, menjelaskan bahwa ide awal dari usaha ini berasal dari Sedekah Produktif yang diinisiasi oleh Rumah Sedekah NU. Kemitraan dengan rekan mereka yang memiliki usaha bakso membawa semangat kewirausahaan kepada para pemuda untuk belajar dan berinovasi dalam bisnis bakso. Hasilnya adalah produk makanan dengan inovasi luar biasa, dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp12.000 per porsi.

“Niat awalnya biasanya sedekah bisa berupa uang atau barang yang diberikan dan selesai, tetapi kami ingin agar sedekah memiliki dampak berkelanjutan. Dengan demikian, sedekah ini menjadi jariyah yang terus berlanjut,” kata Rifqi, Senin (28/8/2023).

Selain bakso sebagai produk utama, mereka juga menawarkan produk madu yang menarik. Madu kaliandra, yang jarang dikenal masyarakat, memiliki ciri khas rasa yang halus dan tidak terlalu kuat. Madu ini cocok bagi pecinta madu yang menginginkan rasa yang ringan. Kemasannya praktis dan mudah dibawa.

“Kemasannya dalam bentuk sachet, cocok untuk dibawa saat bepergian, untuk anak sekolah, atau sebagai pemanis untuk secangkir minuman,” jelas Rifqi Iskandar.

Dengan harga mulai dari Rp50.000 untuk satu toples berisi 20 sachet, serta kemasan box kecil yang berisi 5 sachet dengan harga Rp12.500 per box, Bakso Rusa memberikan variasi pilihan kepada pelanggan. Saat ini, mereka juga sedang mengembangkan varian baru seperti propolis dan multiflora.

Kehadiran Bakso Rusa dalam Pesta UMKM 2023 meraih sambutan positif dari pengunjung yang tertarik dengan kombinasi kelezatan makanan dan dampak sosial yang positif. Stan mereka menjadi daya tarik utama di acara ini, menunjukkan bagaimana bisnis dan tujuan baik dapat saling menyatu secara harmonis.

Bakso Rusa telah berhasil mendirikan empat cabang toko frozen food di wilayah Malang dan sedang membangun rumah makan sendiri di daerah Dinoyo. Pendapatan dari UMKM ini juga mengesankan, dengan penjualan yang bisa mencapai jutaan rupiah per bulan.

“Pada momen-momen tertentu, terutama saat ada pesanan untuk acara, pendapatan bisa mencapai puluhan juta rupiah dalam sebulan,” tambah Rifqi Iskandar.

Pesta UMKM 2023 di NK Caffe Malang diharapkan akan menginspirasi dan menghubungkan berbagai pelaku UMKM dengan masyarakat yang mencari produk berkualitas dan unik. Kehadiran Bakso Rusa, dengan pendekatan bisnis yang berbeda dan tujuan sosial yang kuat, membawa semangat baru dan pesan tentang pentingnya memberi dan berkontribusi.

Bagi para pengunjung yang ingin merasakan kelezatan bakso sambil turut serta dalam aksi sosial yang baik, diundang untuk mengunjungi stan Bakso Rusa di Pesta UMKM 2023 di NK Caffe Malang pada tanggal 28-30 Agustus 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES