Kuliner

Manfaat Makan Rujak untuk Kesehatan

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 00:04 | 137.69k
Ilustrasi Rujak
Ilustrasi Rujak

TIMESINDONESIA, JAKARTARujak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan segar yang dicampur dengan bumbu kacang yang pedas. Rujak biasanya disajikan dengan kerupuk, lontong, atau nasi.

Selain rasanya yang lezat, rujak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan rujak untuk kesehatan:

Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah-buahan yang digunakan dalam rujak mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C, misalnya, berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. 

Mencegah kanker
Buah-buahan yang digunakan dalam rujak mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Menjaga kesehatan jantung
Buah-buahan yang digunakan dalam rujak mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Menjaga kesehatan pencernaan
Buah-buahan yang digunakan dalam rujak mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat juga dapat membantu mencegah sembelit. 

Menjaga berat badan ideal
Rujak adalah makanan yang relatif rendah kalori. Oleh karena itu, rujak dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga berat badan ideal. 

Tentu saja, manfaat makan rujak akan lebih optimal jika rujak dibuat dari bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Selain itu, rujak juga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat rujak yang sehat:

  • Gunakan buah-buahan segar dan berkualitas.
  • Gunakan bumbu kacang yang tidak terlalu pedas.
  • Tambahkan sayuran, seperti mentimun dan tauge.
  • Batasi jumlah rujak yang dikonsumsi.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menikmati rujak dengan rasa yang lezat dan manfaat yang optimal untuk kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES