Kuliner

Deretan Hidangan Masakan Daerah yang Cocok untuk Lebaran 2024

Minggu, 07 April 2024 - 22:51 | 31.89k
Ayam Woku. (Foto: Dok Rinaresep.com)
Ayam Woku. (Foto: Dok Rinaresep.com)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Momen Idul Fitri 1445 H menjadi momentum yang sangat berharga. Momentum ketika keluarga dan sanak famili bertemu dan menghabiskan waktu liburan bersama, saling bermaafan, berbagi suka cita, dan silaturahmi. Tentunya, momentum penting ini akan menjadi lebih hangat manakala anda menyajikan hidangan masakan yang sangat khas dari berbagai daerah.

Dirangkum TIMES Indonesia, berikut ini deretan masakan khas kedaerahan yang cocok anda hidangan ketika Lebaran 2024.

1.  Ayam Woku-Manado, Sulawesi

Woku adalah bumbu makanan ala Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, yang terbuat dari berbagai macam bumbu dan biasa digunakan untuk memasak daging.  Di Minahasa, Sulawesi Utara, terdapat dua jenis woku, yaitu woku balanga (dimasak dengan belangga), dan woku daun (dimasak dalam daun).

Masakan woku mendapatkan namanya dari daun woka. Daun woka adalah adalah semacam daun lontar yang biasanya dipakai untuk membungkus nasi. Lebih jauh lagi, dalam sejarah kuliner Manado, bumbu woku adalah bumbu masakan campuran ala Manado, yang dinilai mempunyai rasa yang kaya.

Ayam bumbu woku dapat anda jadikan sebagai salah satu hidangan ketika Lebaran 2024. Disamping lebih mengenal masakan khas kedaerahan, tentu sajian ini akan memberikan kesan khas dari keluarga anda ketika lebaran 2024.

2. Rendang Daging – Padang, Sumatra

rendang-daging.jpgRendang Daging (Foto: Dok Trevelerian.com)

Rendang adalah hidangan berbahan dasar daging yang dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama yang menggunakan aneka rempah dan santan. Masakan ini sering dijumpai di rumah makan padang di seluruh dunia. Masakan rendang ini populer di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara.

Rendang ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Rendang sendiri adalah masakan tradisional suku Minangkabau. Tekstur daging rendang sendiri berwarna hitam pekat. Rendang dalam suhu ruangan dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang daging dapat anda jadikan pilihan menu hidangan ketika Lebaran 2024.

3. Lemang – Pontianak, Kalimantan

Lemang adalah makanan berbahan dasar beras ketan dan santan yang dibungkus dalam daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu sebagai wadah untuk memasak lemang. Proses pembuatan lemang adalah dengan cara dibakar dalam bara api sehingga menghasilkan aroma yang khas.

Cara menikmati lemang lebih nikmat disantap ketika hangat. Cara menikmatinya berbeda-beda, ada lemang manis (ditambah selai, kinca, dan serikaya) ada dengan cara asin (rendang, telur, dan lauk-pauk). Namun ada juga dimakan menggunakan buah durian.

Lemang banyak dijumpai di suku Dayak, Kalimantan. Masakan ini banyak disajikan di pesta-pesta adat atau di hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri ataupun Idul Adha.

4. Timphan Pisang-Aceh, Sumatra

Timphan adalah panganan kecil sejenis lepat yang berasal dari Aceh. Kue ini juga dikenal sebagai kue tradiosional khas Aceh. Kue ini umumnya dinikmati sambil menikmati secangkir kopi. Bentuknya pipih, panjang, dan dibungkus dengan daun pisang muda. Bagian dalamnya berisi pisang atau labu yang memberikan rasa manis yang lezat.

5. Orem-orem-Malang, Jawa

orem-orem.jpgOrem-orem (Foto: Dok Amazingmalang.id)

Orem-orem adalah masakan kuliner Jawa dari Kota Malang yang berbahan dasar irisan tempe goreng, ayam, dan dimasak bersama kuah santan kental. Penyajiannya adalah dengan ketupat iris yang diberi tauge atau kecambah, tempe dan disiram kuah sayur kuah santan. Rasa kuah orem-orem mirip seperti sayur lodeh dengan rasa sedikit pedas, dan bisa ditambah kecap manis dan sambal sesuai selera. Masakan daerah ini adalah makanan khas dari Kota Malang, Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES