Kuliner

Tips Memilih Pasta yang Tepat, Langsung dari Penduduk Italia Asli

Sabtu, 18 Mei 2024 - 07:00 | 51.30k
Ilustrasi pasta. (allrecipes.com)
Ilustrasi pasta. (allrecipes.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasta merupakan salah satu bahan dasar yang sering digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah. Namun, memilih pasta yang tepat bisa mempengaruhi hasil akhir dari hidangan anda.

Bagi orang Italia, pasta bukan sekadar makanan, tetapi merupakan bagian yang sangat penting dari warisan budaya mereka. Pasta dianggap sebagai simbol kekayaan kuliner Italia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Orang Italia menghargai pasta sebagai salah satu komponen utama dalam menciptakan hidangan yang lezat dan memuaskan. Mereka menganggap pasta sebagai sesuatu yang tidak hanya memberi kenikmatan bagi lidah, tetapi juga merayakan tradisi, keberagaman, dan kekayaan bahan makanan yang dimiliki oleh negara mereka.

Di setiap sudut Italia, anda akan menemukan beragam jenis pasta yang diproduksi secara lokal, dengan teknik pembuatan yang diwariskan secara turun-temurun, menunjukkan betapa pentingnya pasta dalam kehidupan sehari-hari dan identitas kuliner Italia.

Bagi orang Italia, menikmati pasta bukan hanya tentang mengisi perut, tetapi juga tentang menghormati warisan kuliner mereka yang kaya dan berharga. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih pasta yang tepat agar hidangan pasta anda semakin lezat menurut David seorang penduduk asli Italia melalui akun YouTube-nya @Davandj:

1. Berpori

Ketika memilih pasta, pastikan untuk memilih yang berpori. Pasta berpori memiliki tekstur yang memungkinkan saus pasta menyerap dengan baik, sehingga menciptakan rasa yang lebih meresap dan membuat hidangan pasta anda semakin lezat. Selain itu, pasta berpori juga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

2. Warna Cerah

Perhatikan warna pasta yang anda pilih. Pasta yang memiliki warna cerah dan tidak pucat cenderung memiliki kualitas yang lebih baik. Warna yang cerah menandakan bahwa pasta tersebut terbuat dari gandum yang berkualitas tinggi dan proses pembuatannya dilakukan dengan baik.

3. Perhatikan Kandungan Protein

Saat membeli pasta, perhatikan informasi gizi pada kemasan. Pilihlah pasta yang memiliki kandungan protein sekitar 14 gr, 15 gr, atau 16 gr per 100 gr. Pasta dengan kandungan protein ini cenderung memiliki tekstur yang al dente ketika dimasak, sehingga memberikan sensasi yang lebih nikmat saat dikonsumsi.

4. Pilih Produk Tradisional

Untuk mendapatkan pengalaman yang autentik dalam menikmati hidangan pasta, pilihlah pasta dari produsen yang memproduksi secara tradisional. Pasta tradisional cenderung memiliki rasa yang lebih otentik dan tekstur yang lebih baik dibandingkan dengan pasta yang diproduksi secara massal.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, anda dapat memilih pasta yang tepat untuk menciptakan hidangan pasta yang lezat dan memuaskan. Selamat mencoba!. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES