News Commerce Indonesia Bangkit

Tea Garden Resort Subang Ajak Belajar Membatik di Tengah Kebun Teh

Rabu, 14 April 2021 - 03:21 | 29.80k
Belajar membatik menjadi aktivitas menyenangkan saat menginap di Tea Garden Resort, Subang, Jawa Barat. (Foto: Tea Garden Resort for TIMES Indonesia)
Belajar membatik menjadi aktivitas menyenangkan saat menginap di Tea Garden Resort, Subang, Jawa Barat. (Foto: Tea Garden Resort for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, SUBANGTea Garden Resort, Subang, Jawa Barat, selain untuk tempat menginap, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas menyenangkan, yakni salah satunya batik class atau kelas belajar membatik di tengah kebun teh.

Dengan harga Rp 200 ribu per orang, mengikuti batik class sudah termasuk pemandu. Hasil dari belajar membatik bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Adi Rosdiana, Sales Marketing Tea Garden Resort mengatakan, membatik merupakan kegiatan yang menyenangkan karena kegiatan ini memiliki kualitas khusus, yaitu rahasia menulis (perubahan warna). Kerajinan ini menjadi pribadi ekspresi seni dan diakui secara luas untuk efek yang tidak biasa dan kemungkinan kreatif.

Menurut Adi, kegiatan membatik sebenarnya hampir sama dengan melukis. Hanya saja prinsip membatik adalah meletakkan warna tertentu pada tempat tertentu. Membatik adalah membuat hiasan pada kain khusus.

Adi memberikan beberapa proses membatik yang diajarkan saat mengikuti batik class di Tea Garden Resort, yakni:

Mencuci

Sebelum mulai membatik, kain yang akan digunakan sebaiknya dicuci bersih. Pencucian kain menggunakan campuran soda api dan sabun deterjen. Proses ini menjadi langkah pertama dalam membatik tulis yang dikenal dengan istilah ngloyor dalam bahasa Jawa. Setelah dicuci, baru dijemur hingga kering dan dihaluskan dengan setrika.

Menggambar Motif

Langkah kedua adalah menggambari kain atau ngerengreng dalam bahasa Jawa. Motif digambar dengan pensil khusus atau spidol air. Seluruh kain digambari motif, begitu juga kain sebaliknya

Canting

Mencanting dilakukan dengan cara menorehkan malam cair pada kain yang sudah digambbar menggunakan canting.

Mewarnai

Kain yang sudah diberi motif kemudian dibasahi air dan dicelupkan ke larutan pewarna yang pertama. Kain yang telah dicelup digangtung hingga kering lalu digambari pada bagian yang belum bermotif. Lalu dicelupkan lagi ke larutan pewarna kedua, setelah itu gantung hingga kering.

 

Menghilangkan Warna Lilin Malam (Nglorod)

Proses menghilangkan warna lilin malam atau nglorod dalam bahasa Jawa dilakukan setelah selesai proses mewarnai. Dalam keadaan basah, kain direbus dalam air mendidih hingga semua malam lepas.

“Waktu yang diperlukan untuk merebus tergantung banyaknya malam dan besarnya kain. Setelah dilorod, bilas kain di air bersih hingga residu malam tidak bersisa lagi dan jemur di tempat teduh,” kata Sales Marketing Tea Garden Resort, Subang, ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES