News Commerce

Modena Dukung Upaya Pemerintah Gencarkan Penggunaan Kompor Listrik

Sabtu, 24 September 2022 - 17:01 | 24.57k
Modena Dukung Upaya Pemerintah Gencarkan Penggunaan Kompor Listrik
Kompor induksi portable Modena tipe Pi 1316 merupakan salah satu seri yang paling banyak terjual, Sabtu (24/9/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pabrikan home appliances Modena terus menunjukkan komitmen dalam upaya mendukung program pemerintah terkait penggunaan kompor listrik atau kompor induksi.

Senior Manager Modena Albertus Sapta mengatakan, angka penjualan produk kompor listrik mulai mengalami peningkatan dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

"Tahun ini memang kita mengalami peningkatan penjualan kompor listrik. Sudah banyak konsumen yang sadar bahwa harga gas lama-lama akan naik atau dikurangi oleh pemerintah," kata Sapta saat acara pameran Smart Home and Living Exhibition bersama Perdana Electronik di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya, Sabtu (24/9/2022).

Ia menjelaskan, tahun ini penjualan kompor listrik atau kompor induksi Modena mengalami peningkatan mencapai 100 persen dibandingkan tahun lalu.

Seri kompor induksi portable sendiri paling banyak terjual. Karena ukurannya lebih praktis dan ringkas dengan harga terjangkau mulai dari Rp1,8 jutaan untuk tipe Pi 1316. Sedangkan seri lain adalah kompor induksi tanam di kisaran harga Rp3 juta sampai Rp4 jutaan.

"Kita banyak tipe, ada yang satu tungku dua tungku," tandasnya.

Secara rinci, kontribusi penjualan kompor listrik terhadap seluruh produk Modena sekitar 10 persen. Angka ini naik 5 persen dari tahun kemarin. Modena juga memberikan garansi selama 1 tahun.

"Memang kontribusinya masih kecil, karena mayoritas masyarakat kita masih pakai kompor yang biasa," ucap Sapta.

Menurutnya, masyarakat banyak memburu kompor portable karena harganya lebih ekonomis. Apalagi mampu menampung berat hingga 100 kilogram. Namun demikian, Sapta optimistis bakal ada peningkatan penjualan untuk jenis kompor listrik tanam.

Saat ini Modena juga telah bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak awal tahun hingga Desember mendatang. Yaitu berupa pemberian voucher senilai Rp150.000 untuk penambahan daya listrik ke PLN bagi konsumen setiap pembelian di Ciao Modena.

"Sudah banyak klaim ke kita seluruh Indonesia. Surabaya juga termasuk banyak. Kita sangat mendukung program pemerintah untuk beralih ke kompor listrik," kata Sapta.

Sapta menjelaskan, teknologi kompor induksi dapat mematangkan masakan lebih cepat daripada kompor berbahan keramik. Karena pemanasan fokus pada wadah masakan. Alat masak sangat dianjurkan menggunakan berbahan metal.

Daya kompor induksi portable mulai dari 400 watt sampai 2000 watt dan bisa disetting sesuai kebutuhan. Namun rata-rata penggunaan 1000 watt. Selama power belum nyala, tidak akan memakan daya.

"Sama-sama matang, hanya beda timing aja," ujarnya.

Pamerkan Produk IoT

Sementara itu, dalam pameran Smart Home and Living di Atrium Tunjungan Plaza, Modena bersama Perdana Elektronik juga menampilkan sejumlah produk berbasis internet of things (IoT). Pameran berlangsung mulai 21 September-2 Oktober 2022.

Peralihan gaya hidup menjadi alasan pabrikan untuk menghadirkan teknologi pintar tersebut.

Albertus-Sapta-menunjukkan-dua-produk-smart-water-heater-Modena.jpgAlbertus Sapta menunjukkan dua produk smart water heater Modena berbasis IoT saat pameran Smart Home and Living Exhibition bersama Perdana Electronik di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya, Sabtu (24/9/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

"Ini adalah solusi untuk gaya hidup modern pelanggan yang kini mengarah ke maidless serta memberikan peluang bagi semua orang untuk dapat menikmati manfaat dari  teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup," kata Albertus Sapta.

Produk IoT Modena antara lain Water Heater ES 15 SKY dan ES 30 SKY. Pada aplikasinya memiliki fitur pemanasan air yang dapat diatur dari jarak jauh menggunakan ponsel. Keduanya diklaim sebagai the world's smartest water heater.

Kemudian juga ada Island Hood IX 4546 LSKY dengan lampu LED ergonomis dengan penampilan estetik dan desain futuristik. Peralatan dapur ini mampu menyaring asap dengan fungsi carbon filter.

Lebih lanjut Sapta mengatakan, kontribusi penjualan produk berbasis IoT berada di angka sekitar 5 persen.

Sapta mengaku kontribusi itu memang belum terlalu besar. Namun mengalami peningkatan 100 persen.

"Memang masih banyak yang konvensional," katanya.

Selain produk unggulan basis Iot, tersedia juga jajaran produk lainnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Pengunjung juga bakal dimanjakan dengan berbagai promo menarik seperti promo cashback langsung setiap pembelian produk Modena, Promo Ciao Modena cash back hingga jutaan rupiah serta free produk Modena yang bisa diklaim melalui aplikasi Ciao Modena di apps store atau playstore, untuk pemegang kartu kredit bisa menikmati kemudahan pembelian melalui cicilan nol persen.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES