News Commerce

Setelah Surabaya, OCBC NISP Luncurkan Financial Fitness Gym di Jakarta

Kamis, 20 Oktober 2022 - 21:56 | 29.38k
Setelah Surabaya, OCBC NISP Luncurkan Financial Fitness Gym di Jakarta
National Network Head A Bank OCBC NISP, Faren Indirawati (kanan) dan Marketing and Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP Amir Widjaya (kiri) saat meresmikan FFG Jakarta. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTABank OCBC NISP yang selalu konsisten dalam usahanya untuk terus mendorong inklusi dan literasi keuangan anak muda Indonesia, hari ini, Kamis (20/10/2022) secara resmi meluncurkan Financial Fitness Gym (FFG) di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Melalui hadirnya FFG PIK ini, Bank OCBC NISP telah siap membuat Jakarta lebih sehat finansial, dengan cara mengajak generasi muda untuk mengasah otot-otot keuangan lewat Financial Check Up, mengkonsultasikan kondisi finansial serta mendapatkan edukasi dari beragam kelas finansial yang dipandu oleh pakar, agar bisa memilih keputusan finansial yang bijak dan jadi #FinanciallyFit.

"Dengan diluncurkannya FFG di PIK ini, kami berharap masyarakat, khususnya generasi muda dapat #financiallyfit di masa depan dengan mengkonsultasikan kondisi finansial mereka dan memilih tabungan serta produk investasi yang sesuai dengan kondisi mereka," ucap National Network Head A Bank OCBC NISP, Faren Indirawati Tjong dalam konferensi persnya, Kamis (20/10/2022).

OCBC-NISP-2.jpgCuan Cat, maskot FFG dan juga Cuan Town Festival di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Faren mengatakan, FFG sendiri merupakan kantor cabang Bank OCBC NISP yang berbentuk experience centre, dimana masyarakat datang ke kantor cabang tidak sekadar untuk bertransaksi, namun mengedepankan edukasi dengan konsep ‘financial fitness sama dengan physical fitness.’

"Artinya, sama seperti kesehatan tubuh, menjaga kesehatan finansial juga tidak bisa instan. Perlu strategi khusus dan yang paling penting, diperlukan komitmen untuk rajin berlatih," kata Faren.

Faren mengungkapkan, FFG dari Nyala OCBC NISP yang diluncurkan di PIK ini merupakan cabang pertama di Jakarta. Sebelumnya, FFG pertama di Indonesia diluncurkan di Surabaya pada Desember 2021 lalu. Kantor cabang inovatif ini didesain secara khusus untuk menjawab kebutuhan generasi muda terhadap sebuah tempat yang menyediakan beragam layanan perbankan namun jauh dari kesan konservatif, sebuah sensasi banking yang sesuai dengan lifestyle.

"Harapannya dengan kehadiran FFG ini, Bank OCBC NISP bisa terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia terutama untuk inklusi dan literasi keuangan di kalangan generasi muda," ungkap Faren.

Faren menjelaskannya, dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa atau #TAYTB, pihaknya juga ingin menekankan bahwa kehadiran FFG di PIK ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk belajar mengelola keuangan secara gratis.

"FFG di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini terbuka untuk umum dari pagi hingga malam hari dan siapapun yang mau hadir dan belajar disini, bisa langsung datang karena ini gratis tidak dipungut biaya," jelas Faren.

Dalam kesempatan yang sama, Marketing and Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP Amir Widjaya menerangkan, hasil survey OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 menunjukkan bahwa skor finansial generasi muda di Indonesia masih rendah, yaitu 40.06. Terlebih, sebanyak 78% menyatakan tidak sepenuhnya memahami risiko dan manfaat dari produk investasi.

OCBC-NISP-3.jpgCuan Town Festival dibuka 20 Oktober hingga 12 November 2022 untuk umum. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

"Mereka cenderung berinvestasi karena mengikuti tren di masyarakat dan menganggap investasi adalah cara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Padahal, hanya 22% yang benar-benar paham mengenai produk investasi yang mereka miliki," terang Amir.

Selain itu, Amir menuturkan, pendampingan kesehatan finansial merupakan hal yang penting, sebab masih banyak generasi muda yang belum cukup teredukasi terkait keputusan keuangan yang baik.

"Apalagi kalau kita berbicara tentang generasi muda di kota besar seperti Jakarta, dimana godaan dari mulai gaya hidup, rasa FOMO ataupun peers’ pressure begitu besar. Untuk itu, sebagai salah satu solusi untuk membuat Jakarta lebih sehat finansial, Bank OCBC NISP telah mempersiapkan solusi pendampingan keuangan dengan mempersiapkan kantor cabang yang fit dengan lifestyle masa kini dimana mereka bisa nge-Gym Finansial," tuturnya.

Sebagai rangkaian dari peresmian Financial Fitness Gym PIK, Bank OCBC NISP mengadakan Cuan Town Festival yang dibuka untuk umum secara gratis dari 20 Oktober hingga 12 November 2022. Di dalamnya ada banyak kegiatan yang bersifat menghibur dan mengedukasi, seperti Financial Classes yang dijelaskan langsung oleh para NYALA Financial Coaches, Live DJ performances during sunset hours, sampai penampilan dari para penyanyi top tanah air seperti Diskoria, JKT48, Potret, dan RAN.

Selain hiburan dari artis top tanah air, Cuan Town Festival yang juga telah diresmikan ini menyajikan banyak tenant dan pelaku usaha yang ikut meramaikan Cuan Town Festival. Dengan warna dominan merah membuat Cuan Town Festival semakin hidup ditambah lagi maskot Cuan Cat yang menambah keseruan Cuan Town Festival itu sendiri.

Tak hanya itu, di sana juga ada hidden gem kekinian mulai dari cuan tunnel dengan desain maskot lucky cat yang identik dengan keberuntungan dan cuan, Hustle Hall yang penuh dengan aktivitas finansial seru dengan menggunakan interaksi teknologi sehingga hasil nge-gym finansial dapat dibagikan ke gadget pengunjung dengan keamanan yang terjamin. Bahkan, Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP juga menyediakan berbagai macam hiburan dan suguhan menarik, seperti vending machine Lucky Cat, merchandise area, dan Nyala Coffee yang hanya tersedia di Financial Fitness Gym Jakarta & Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES