Tekno

Fungsi WhatsApp Business API Untuk Perusahaan

Senin, 31 Oktober 2022 - 20:55 | 19.71k
Fungsi WhatsApp Business API Untuk Perusahaan
WhatsApp Business API. (Foto: barantum)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHadirnya Whatsapp business api 

Facebook saat ini meluncurkan sebuah WhatsApp API untuk membantu bisnis menengah dan juga besar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dari pesan WhatsApp mereka dan juga agar tetap terhubung dengan pelanggan mereka di seluruh dunia. Dengan bantuan dari WhatsApp API ini, maka sebuah bisnis akan dapat menghubungkan sistem mereka sendiri agar bisa mengirim pesan transaksional secara otomatis melalui WhatsApp. Dengan WhatsApp business api ini, maka Pemasar akan bisa mendapatkan kontrol lebih besar atas perpesanan dan juga dapat mengurangi adanya ketergantungan mereka pada sebuah pengembang untuk mengelola integrasi. 

Selain itu, dengan aplikasi ini mereka juga akan bisa sambil melacak kinerja dari kampanye WhatsApp mereka dengan lebih mulus. Agar bisa mendapatkan layanan WhatsApp api ini atau fitur yang dimilikinya. Maka, sebuah perusahaan harus terlebih dahulu bermitra dengan penyedia dari solusi bisnis pihak ketiga ini. Untuk lebih jelasnya tentang WhatsApp business api ini, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Dari WhatsApp Business API

WhatsApp API atau yang juga disebut dengan WhatsApp Business API ini adalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk membantu bisnis kecil hingga dengan enterprise untuk bisa berinteraksi dengan para pelanggan dengan lebih efisien. Hal ini tentunya juga tidak lepas dari berbagai dukungan fitur yang dimiliki oleh WhatsApp business API ini. Fitur ini adalah seperti fitur auto reply, fitur untuk chatbot WhatsApp, multi device, dan juga sebuah centang hijau resmi. Selain itu, di aplikasi WhatsApp api ini juga tersedia blast WhatsApp yang tanpa batas.

Pada WhatsApp business api, mereka juga membantu sebuah bisnis untuk menciptakan sebuah alur komunikasi yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dari para pelanggan mereka. Dengan Hal ini, diharapkan juga akan dapat meningkatkan kepercayaan dan juga loyalitas dari para pelanggan terhadap sebuah perusahaan.

Manfaat Dari WhatsApp Business API Untuk Perusahaan 

Setelah mengetahui tentang pengertian dari WhatsApp api ini. Selanjutnya yang akan dibahas adalah tentang manfaat yang didapatkan jika menggunakan WhatsApp ini. Ada beberapa macam manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan WhatsApp business API dalam perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat jelasnya.

• Anda dapat menambahkan banyak agen. Dengan menggunakan sebuah WhatsApp business API, maka Anda akan bisa menambahkan agen dalam jumlah yanh terbatas. Hal ini tentunya dikarenakan adanya sebuah fitur multi device. Dimana fitur ini akan memungkinkan Anda untuk melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih cepat dan mudah melalui banyak device atau agen yang didaftarkan. 

• WhatsApp business API dapat melayani para pelanggan selama 24 jam penuh di setiap harinya. Hal ini tentunya memungkinkan karena adanya sebuah fitur bot dan juga balasan otomatis yang bisa disetel dan disesuaikan untuk setiap bisnis Anda.

• Adanya asisten virtual chatbot di WhatsApp business API. Dimana fitur dari assistant chatbot ini akan bisa menjawab pesan dari setiap pelanggan secara otomatis. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pelayanan selama 24 jam penuh kepada pelanggan.

• Pada aplikasi WHATSAPP business api ini juga sudah dilengkapi dengan sebuah dashboard untuk laporan analisis. Dengan adanya fitur laporan analisis otomatis ini, maka tentunya akan bisa memudahkan Anda dalam memantau seluruh aktivitas dari layanan para pelanggan melalui aplikasi WhatsApp API ni.

• WhatsApp business api ini juga dapat diintegrasikan dengan sebuah sistem CRM. Dimana sistem ini akan mampu untuk meningkatkan pengalaman para pelanggan.

• Dengan adanya WhatsApp business API, maka Anda akan bisa membangun sebuah kredibilitas dan juga kepercayaan dari para pelanggan. Hal ini karena pada WhatsApp business API sudah ada sebuah fitur centang hijau sehingga akan lebih terpercaya.

• WhatsApp business API juga sudah dilengkapi sebuah sistem keamanan enkripsi end-to-end. Dimana sistem keamanan ini akan menjaga kerahasian dari data setiap pengguna WhatsApp.

• Sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pada WhatsApp business API sudah terdapat sebuah fitur centang hijau. Maka dengan menggunakan aplikasi WhatsApp API ini, akun Anda juga akan secara otomatis bisa mendapatkan sebuah tanda centang hijau official atau resmi dari pihak WhatsApp.

Keuntungan Dalam Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Perusahaan

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan saat menggunakan WhatsApp business API ini. Selain dengan beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas. Berikut adalah keuntungan sekaligus alasan kenapa perusahaan Anda harus menggunakan WhatsApp business API untuk bisnis mereka:

• Aplikasi messenger seperti WhatsApp, adalah sebuah aplikasi yang paling seru dibuka oleh kebanyakan orang. Dalam sehari, aplikasi ini pastinya akan dibuka beberapa kali untuk mengecek pesan yang masuk. Karena hal itu, aplikasi Whatsapp jelas menjadi sebuah cara termudah dan juga paling nyaman untuk digunakan oleh para pelanggan. Hal ini karena selain bisa menghubungkan pelanggan secara langsung, aplikasi ini juga aplikasi keseharian yang paling sering digunakan dan sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi banyak orang.

• Sebuah pesan seluler akan mempunyai tingkat pembukaan yang sangat besar. Tingkat dari pembukaan dari pesan seluler seperti pada WhatsApp ini adalah sekitar 98 %. Hal ini tentunya juga sangat besar, bahkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan sebuah email. Dimana tingkat dari pembukaan sebuah email adalah hanya sekitar 20 % saja, Terlebih lagi dalam sebuah email biasanya akan terdapat kotak masuk pesan yang sangat ramai, hal ini juga akan semakin menurunkan kemungkinan pesan dibuka. Sedangkan jika Anda menggunakan WhatsApp business API, maka Anda akan bisa memiliki kemungkinan yang jauh lebih besar.

• Dengan menggunakan sebuah pesan melalui WhatsApp business API, maka Anda akan bisa memiliki kemungkinan lebih cepat dalam memberikan reaksi terhadap permintaan dari para pelanggan. Anda juga akan bisa memiliki sebuah kesempatan untuk menyelesaikan setiap pertanyaan dari para pelanggan dengan lebih cepat, sebelum para pelanggan memutuskan untuk membatalkan pembelian atau melakukan penundaan. Hal ini juga akan bisa meningkatkan tingkat dari konversi perusahaan Anda dan bisa meningkatkan kepuasan pelayanan para pelanggan.

• Dengan menggunakan sebuah WhatsApp business API, Anda juga akan bisa lebih mudah dalam berekspresi. Pelayanan terhadap pelanggan juga akan terasa lebih efisien dan juga nyaman dengan menggunakan WhatsApp. Hal ini juga akan memungkinkan Anda untuk lebih bisa berekspresi dengan berbagai macam fitur yang disediakan, mulai dari emoji, gambar, juga file untuk mendukung layanan chat Anda. Anda juga bisa mengekspresikan diri Anda dengan berbagai macam emoji yang tersedia agar chat juga terasa lebih menyenangkan.

Beberapa Fitur Unggulan Dari WhatsApp Api 

Pada WhatsApp jenis ini, terdapat beberapa fitur yang disediakan seperti berikut:

1. Profil Bisnis

Dengan sebuah fitur profil bisnis, maka Anda dapat mencantumkan semua identitas dan informasi bisnis Anda, mulai dari nama toko atau bisnis, deskripsi, alamat, kategori dari bisnis, jam kerja dan juga lainnya. Fitur ini adalah fitur basic yang bisa ditemui pada versi WhatsApp Business biasa.

2. Fitur Pesan Otomatis

Dengan fitur ini, maka para pemilik bisnis tidak perlu selalu standby setiap saat untuk membalas pesan dari para konsumen secara manual. Anda cukup dengan mengaktifkan fitur pesan otomatis ini, maka Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada seluruh konsumen dalam waktu yang sudah ditentukan dan juga diatur sebelumnya.

Ada tiga fitur pesan otomatis yang tersedia pada aplikasi ini, yaitu:
• Away Message: memungkinkan untuk membalas pesan dari para konsumen secara otomatis meskipun sedang sibuk.
• Greeting Message: bisa digunakan untuk menyapa dan juga menyambut para pelanggan baru melalui sebuah pesan otomatis.
• Quick Replies: Anda bisa memberikan sebuah balasan pesan dari pelanggan dengan cepat dalam pertanyaan yang sama.

3. Fitur Katalog

Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk menambahkan katalog dari berbagai produk Anda dan juga menampilkannya di profil WhatsApp Business Anda. Sehingga para calon pelanggan akan bisa melihat produk apa saja yang ditawarkan melalui katalog tersebut.

4. Fitur Centang Hijau atau Verified Account

Centang hijau atau yang juga disebut green tick ini adalah identitas untuk akun WhatsApp yang telah terverifikasi. Dengan akun yang sudah terverifikasi dan juga mendapatkan centang hijau di sebelah nama profil bisnis Anda, hal ini tentunya akan sangat berdampak dan juga dapat meningkatnya kepercayaan dari para pelanggan terhadap bisnis Anda. Hal ini juga akan meningkatkan kredibilitas dari bisnis Anda di mata pelanggan.

5. ChatBot 

Berbeda dengan sebuah pesan otomatis, ChatBot ini akan memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu. Sebagai contoh adalah melalui step yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal dalam sebuah proses transaksi penjualan, pembayaran, konfirmasi penjualan, dan juga klaim garansi, serta pengajuan untuk return produk, juga lainnya.

6. Multi-User

Fitur multi-user ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business untuk lebih dari satu orang. Baik di tempat berbeda dan juga di device yang berbeda seperti handphone, tablet atau juga komputer.

7. Alokasi dari Agent

Fitur Alokasi Agent akan memungkinkan Anda untuk mengatur sebuah pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agent atau juga admin Anda. Sebagai contoh, Jika Ada memiliki 3 agent dan juga ada 150 pesan masuk setiap harinya pada sebuah nomor WhatsApp Business Anda, maka setiap agen Anda akan bisa menerima sebanyak 50 pesan masuk yang diterima untuk masing-masing agent.

Selain dengan beberapa fitur yang disediakan di atas, masih ada banyak sekali fitur dari WhatsApp api yang lainnya. Tentunya, fitur ini akan bisa memudahkan untuk melakukan pengembangan terhadap bisnis Anda.

Gabung WhatsApp Api Di Mitra Resmi Qontak Dari Mekari 

Untuk bisa bergabung menjadi pengguna WhatsApp Api dan menikmati berbagai macam fitur yang disediakan. Anda bisa langsung menghubungi Qontak yang merupakan salah satu agen resmi dari WhatsApp api ini. Qontak adalah salah satu aplikasi pembantu bisnis online yang diciptakan oleh Mekari. Di Qontak ini, mereka tidak hanya menyediakan fitur seperti WhatsApp api, tetapi juga tersedia berbagai macam pilihan fitur lainnya yang tentunya akan berguna untuk bisnis online Anda.

Di Qontak buatan Mekari ini, mereka memang merancang sebuah aplikasi pembantu bisnis online yang lengkap dan berkualitas. Di Qontak tersedia beberapa fitur seperti sebuah software helpdesk, fitur untuk WhatsApp Api, juga berbagai macam fitur lainnya. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES