News Commerce

Olahraga yang Bikin Rileks, Yuk Latihan di Media Yoga Madiun

Minggu, 20 November 2022 - 14:07 | 27.92k
Olahraga yang Bikin Rileks, Yuk Latihan di Media Yoga Madiun
Olahraga yoga mulai digandrungi masyarakat Madiun. (FOTO: Media Yoga for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Ingin tetap sehat dengan berolahraga, tapi malas panas-panasan di luar rumah? Mungkin yoga cocok buat Anda. Ya, yoga. Olahraga yang bisa bikin rileks tanpa banyak gerak. Olahraga ini mulai banyak digandrungi. Nah, bagi kamu warga Kota Madiun, beryoga di Sanggar Media Yoga Kota Madiun mungkin bisa jadi pilihan.

Sanggar Media Yoga Madiun ini beralamat di Jalan Mayjend Pandjaitan 21 Kota Madiun. Sanggar ini dikelola oleh Midia Anugerah Ayu, owner sekaligus praktisi dan instruktur yoga yang berpengalaman. Sanggar yoga ini sudah beroperasi selama dua tahun terakhir.

Midia mengatakan, saat ini olahraga yoga mulai banyak peminatnya. Olahraga ini mulai ramai dicari semenjak Covid-19 merebak dua tahun terakhir. Salah satunya karena manfaat dari olahraga yoga yang bagus untuk kesehatan baik fisik atau mentalitas pelakunya.

Olahraga-yoga-b.jpgAktivitas yoga out door Media Yoga Madiun di Bento Caffe Madiun. (Foto: Media Yoga for TIMES Indonesia)

"Sekarang ini yoga sedang marak. Mulai banyak digemari, mulai banyak orang yang ingin mengenal yoga. Mungkin awalnya karena rasa penasaran, dan mencoba ikut yoga. Apalagi dua tahun terakhir ini," kata Midia kepada TIMES Indonesia, Minggu (20/11/2022).

Menurut Midia, yoga cukup penting bagi gaya hidup masyarakat era kekinian. Permasalahan hidup yang kian kompleks, kesibukan yang makin padat, hingga dampak penggunaan media sosial yang berlebihan bisa bikin jenuh dan tidak semangat menjalani hari-hari. Oleh karenanya, beryoga dinilai bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa bikin sehat tubuh dan pikiran.

"Kalau saya melihat fenomena kehidupan masyarakat sekarang ini, yoga itu penting loh. Bukan hanya untuk gaya hidup saja, tetapi memang sebagai kebutuhan pokok. Sebab yoga fungsinya untuk menyehatkan tubuh dan pikiran," ujar Midia.

Midia juga menjelaskan mengenai apa itu yoga. Menurutnya hingga saat ini masih banyak yang salah kaprah mengartikannya. Yoga menurut Midia sebagai aktivitas meditasi dalam gerak. Kata meditasi ini sering dianggap orang sebagai ritual doa. Padahal, bukan demikian maksudnya. Olahraga dari India ini konsen pada tubuh dan pikiran.

Fokus pada gerakannya pada kekuatan, kelenturan, dan pernafasan. Yang hal itu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental pelakunya. Gerakan pada yoga akan menjadikan tubuh lebih lentur dan kuat. Kemudian olah nafas menjadikan pikiran jauh lebih fresh.

"Karena kenyataannya orang sekarang ini lupa kalau bernafas itu dari hidung. Ya karena sibuk, pekerjaan diburu-buru, kepanikan. Itu berpengaruh dengan cara bernafas dia. Dan nafas yang benar, itu mempengaruhi pikiran dan kesehatan kita," papar Midia.

Olahraga-yoga-c.jpgSalah satu aktivitas kelompok Media Yoga Madiun. (Foto: Media Yoga for TIMES Indonesia)

Pada dunia olahraga yoga, dikenal berbagai macam tipe. Salah satunya disiplin ilmu yoga klasik. Di Media Yoga Madiun, disiplin ilmu yang diajarkan yoga klasik. Jenis yoga yang turun temurun dari zaman dahulu. Sementara pada yoga klasisk terbagi dalam 3 tipe. Yakni Astangga, Hata, dan Vinyasa Yoga.

"Kalau saya lebih ke Astangga yoga. Secara garis besar untuk gerakan yoga tipe ini terstruktur. Jadi ada levelnya dari pemula dan seterusnya. Intinya ada pakemnya kalau Astangga," ujar Midia.

Berbeda dari olahraga lainnya, yoga termasuk ramah untuk segala usia. Midia mengatakan, pada sanggar Media Yoga terdapat peserta yang berusia dari 10 tahun hingga 75 tahun. Menurutnya, pada aktivitas yoga tidak ada paksaan pada gerakan. Menyesuaikan kemampuan diri dari peserta yoga.

"Yang pertama sadari nafas dulu, kemudian bergerak sesuai kemampuan tubuh mu. Tapi seiring waktu berlatih, lama-lama tubuh juga akan lentur," ucapnya.

Berminat untuk mengikuti kelas yoga? Sanggar Media Yoga Madiun membuka kelas setiap hari. Sanggar Media Yoga Madiun juga membuka kelas privat, yang dibatasi jumlah muridnya. Selain itu, sekali waktu juga menggelar kelas out door di luar studio Sanggar Media Yoga Madiun.

Soal biaya ikut kelas yoga di sanggar Media Yoga Madiun cukup terjangku. Satu kali sesi pertemuan, hanya Rp30 ribu, untuk 60 sampai dengan 75 menit durasi latihan. Untuk yang kelas privat, minimal 2 orang murid, hanya Rp100 ribu per orang. Harga tersebut cukup sebanding dengan manfaat mengikuti yoga. Seperti mengatasi keluhan susah tidur, sakit lutut, hingga bahu dan leher.

"Idealnya mengikuti kelas 2 kali dalam seminggu ya. Manfaat yoga bisa dirasakan meskipun baru pertama kali mengikuti," papar Midia Anugerah Ayu, intruktur Media Yoga Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES