Wise Platform Kolaborasi dengan Bank Mandiri Sebagai Mitra Pertama di Indonesia
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wise, perusahaan teknologi global yang membangun cara terbaik untuk mengirim dan mengelola uang di seluruh dunia, mengumumkan bahwa Wise Platform telah hadir bersama bank dengan aset terbesar di Indonesia, Bank Mandiri.
Di saat yang sama, Wise juga meluncurkan tampilan dan nuansa barunya yang melambangkan misi perusahaan untuk membangun uang tanpa batas dan menciptakan sistem pembayaran alternatif global yang cepat, nyaman, hemat biaya, dan transparan untuk sistem koresponden tradisional.
Advertisement
Perubahan visual yang lengkap ini menampilkan warna hijau segar, font baru, dan mengambil inspirasi dari mata uang, bahasa, huruf, dan daerah di seluruh dunia.
Sejak diluncurkan pada tahun 2011, Wise terus mengembangkan Wise Platform, penawaran infrastruktur transaksi pembayaran untuk bank dan non-bank.
Hingga saat ini sudah ada lebih dari 60 bank dan perusahaan besar di seluruh dunia yang telah mengintegrasikan Wise Platform ke dalam infrastruktur mereka. Hari ini, Bank Mandiri telah menjadi mitra pertama Wise di Indonesia yang mengintegrasikan Platform Wise ke aplikasinya, Livin’ by Mandiri.
Bank Mandiri akan menggunakan API (Application Programming Interface) pembayaran dari Wise Platform, sebagai infrastruktur white-labelled untuk melakukan transfer uang ke luar negeri.
Dengan mengintegrasikan Wise Platform, Bank Mandiri dapat menyediakan layanan transfer uang ke luar negeri dengan harga yang terjangkau ke 5 mata uang (USD, SGD, GBP, EUR, AUD) kepada 16 juta nasabahnya.
Selain itu, 52% transfer yang dikirim melalui Wise secara instan (kurang dari 20 detik), dapat memberikan kecepatan dan kenyamanan yang lebih baik bagi nasabah Bank Mandiri.
Hadirnya Wise Platform di Indonesia juga merupakan pengembangan lebih lanjut, sejak pertama kali Wise diluncurkan di Indonesia tahun 2020 sebagai layanan pengiriman uang yang murah dan cepat.
“Dengan bangga kami memperkenalkan fitur terbaru, Transfer Valas di Super App Livin' by Mandiri. Dengan integrasi ini, nasabah kami kini tidak perlu lagi mengantri di kantor cabang Bank Mandiri dan dapat menikmati fitur transfer uang ke luar negeri yang cepat, aman, murah, dan mudah, yang dapat dilakukan melalui aplikasi Livin’ by Mandiri," kata Aquarius Rudianto, Direktur Jaringan dan Retail Bank Mandiri.
Aquarius menambahkan bahwa saat ini mereka fokus dalam membangun solusi keuangan terpadu bagi nasabah, dan kemitraan ini adalah langkah menuju tujuan tersebut.
“Kami sangat antusias untuk para pengguna kami untuk mencoba fitur terbaru tersebut yang akan memberikan mereka kendali dan menghemat waktu serta biaya transfer dalam melakukan transaksi ke luar negeri.” lanjut Aquarius.
Elian Ciptono, Country Manager Wise Indonesia mengatakan, setelah meluncurkan transfer luar negeri di Indonesia pada tahun 2020, Wise antusias dalam memperdalam komitmen dengan bekerja sama bersama Bank Mandiri melalui Wise Platform sebagai mitra pertama di Indonesia.
"Di saat bersamaan, tampilan baru dari Wise hadir untuk terus mendukung komunitas, bisnis, serta bank yang sudah berjalan bersama Wise selama ini. Hal ini juga mendukung komitmen kami dalam membangun transaksi uang luar negeri di berbagai mata uang secara cepat, murah, dan transparan," jelasnya.
Elian Ciptono menambahkan, kecepatan (95%) dan transparansi biaya kirim (93%) muncul sebagai dua fitur utama yang menjadi prioritas dari masyarakat Indonesia di dalam transaksi remitansi.
"Terdapat kebutuhan yang lebih besar untuk biaya murah dan kecepatan transfer internasional yang cepat di Indonesia, negara dengan kepadatan penduduk terbesar keempat di dunia," katanya.
Selain itu, menurut Elian, Wise merupakan perusahaan yang fokus dalam memindahkan uang dengan cara terbaik untuk siapapun dan dimanapun. Wise sangat senang dapat membangun kerjasama dengan Bank Mandiri yang dapat menawarkan akses kepada jutaan masyarakat Indonesia untuk melakukan transfer internasional secara cepat dan dengan biaya yang rendah.
Tentang Wise
Wise adalah perusahaan teknologi internasional yang membangun cara terbaik untuk memindahkan uang ke seluruh dunia. Teknologi Wise merupakan jaringan pembayaran antar negara yang akan mendukung pergerakan uang tanpa batas bagi semua orang, dimanapun dia berada. Bagaimanapun cara Anda menggunakan platform ini, Wise memiliki misi untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan hemat.
Didirikan oleh Taavet Hinrikus dan Kristo Käärmann, Wise diluncurkan pada tahun 2011 dengan nama aslinya TransferWise. Saat ini, Wise adalah salah satu perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di dunia yang telah mengumpulkan lebih dari 1 miliar dolar Amerika dalam transaksi primer dan sekunder dari investor terkemuka dunia.
Lebih dari 15 juta orang dan bisnis telah menggunakan Wise dengan memproses lebih dari 9 miliar poundsterling dalam transaksi lintas negara setiap bulannya, membantu mereka hemat lebih dari 1 milyar poundsterling setiap tahunnya.
Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang menawarkan layanan keuangan kepada nasabahnya, termasuk segmen Corporate, Institutional Relations, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury, dan International Banking.
Saat ini, Bank Mandiri berkolaborasi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya, antara lain Mandiri Sekuritas (jasa dan produk pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (penyaluran kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (jasa pengiriman uang), Mandiri Europe (jasa tresuri dan lembaga keuangan), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).
Dalam mengembangkan bisnisnya, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan ritel.
Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan korporasi dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam sebuah ekosistem digital single access yang mudah dan fokus pada solusi, seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account, dan solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sementara itu, layanan digital ritel antara lain aplikasi Livin' by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan, Mandiri Intelligent Assistant (MITA), di akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.
Per Desember 2022, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 4.050 jaringan kantor, yang terdiri dari 2.363 kantor cabang dan 1.687 kantor mikro.
Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.068 unit ATM yang terkoneksi dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC), serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin' by Mandiri, SMS Banking, dan Call Center 14000. (*)
Hubungi News Commerce Room TIMES Indonesia di 08-822-2850-8611 KLIK (WA Only)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Deasy Mayasari |
Publisher | : Ahmad Rizki Mubarok |