Olahraga WSBK Mandalika 2022

WSBK Mandalika 2022 Jadi Sejarah Balapan ke-900

Jumat, 11 November 2022 - 11:30 | 7.20k
Gelaran WSBK Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika akan menjadi sejarah balapan ke-900.(Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Gelaran WSBK Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika akan menjadi sejarah balapan ke-900.(Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
FOKUS

WSBK Mandalika 2022

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAH – Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan, Race 1 WSBK Mandalika 2022 akan menjadi balapan ke-900 dalam sejarah Kejuaraan Dunia Superbike, sejak race pertama dimulai di Sirkuit Donington Park, Inggris.  pada bulan April 1988, silam.

"Race 1 WSBK Mandalika 2022 adalah sebuah kebanggaan yang besar bagi kita semua bahwa Indonesia menjadi bagian dari sejarah balap motor internasional ini," kata Troy, Kamis (10/11/2022).

Advertisement

Rangkaian jadwal WSBK Mandalika 2022 akan digulirkan di Mandalika International Street Circuit, pada 11-13 November 2022.

Terkait hal itu, ITDC menyatakan kesiapan untuk menggelar menggelar WSBK meliputi sisi race, non race maupun side event pendukung, dengan kolaborasi bersama pemangku kepentingan.

"Seluruh tahapan persiapan WSBK Mandalika yang harus dilakukan sudah berhasil kami selesaikan dan seluruh masukan serta catatan untuk kelancaran penyelenggaraan event telah terpenuhi,” imbuh Troy.

Dari sisi race, kegiatan track improvement telah dilakukan seluruhnya pada tanggal 25 Oktober 2022, meliputi pelebaran runoff di 7 tikungan (T1, T10, T11, T12, T13, T16, and T17), perubahan kerb biasa menjadi kerb misano (T5 and T6), serta perbaikan/peningkatan kualitas aspal track sepanjang 250 meter.

"Sementara dari sisi non-race yaitu traffic management dan crowd control juga telah dipersiapkan dengan lebih baik," ujar Troy.

Direktur Teknik & Operasi MGPA Samsul Purba menjelaskan, pengaturan traffic manajement sebagai bentuk antisipasi dan langkah strategis yang lakukan untuk mengurai kemacetan saat balapan WSBK Mandalika berlangsung. 

"Dalam pengaturan mekanisme traffic manajement dan crowd control WSBK Mandalika 2022, ITDC dan MGPA telah bekerjasama dan berkordinasi dengan Polda NTB dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB," terangnya. 

Penonton WSBK Mandalika 2022 akan datang dari lima pintu gerbang kedatangan yaitu 4 gerbang pelabuhan yaitu Pelabuhan Lembar, Gili Mas, Bangsal dan Kahyangan, serta 1 gerbang Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (BIZAM). 

Titik pemisahan jalur dari 5 gerbang kedatangan penonton WSBK Mandalika menuju sirkuit yaitu roundabout BIZAM yang terbagi mejadi 2 jalur diantaranya jalur barat dan jalur timur.

Jalur barat dengan arah kedatangan WSBK Mandalika dari BIZAM-Sengkol-Mandalika dan Selong Belanak-Mandalika menuju Enduro Entrance (Grand Stand (GS) I, J & K, Vendor & UMKM).

Sedangkan jalur timur dengan arah kedatangan penonton WSBK Mandalika dari BIZAM-Bypass BIL-Mandalika dan Awang-Mandalika menuju Pertamina Entrance (GS A & B, VIP Premiere, VIP Deluxe) serta menuju Pertamax Tubo Entrance (GS C & H, Lombok Sumbawa Fair, B360, Vendor & UMKM). 

Guna mengakomodir penonton yang membawa kendaraan pribadi, telah tersedia 26 kantong parkir yang tersebar di area sirkuit dan Kawasan The Mandalika terbagi menjadi 3 ring, antara lain ring 1 dengan jarak 1 km, ring 2 dengan jarak 2 km dan ring 3 dengan jarak 3 km. 

Dari 26 kantong parkir, untuk motor tersedia sebanyak 7 titik dengan kapasitas 3672 lot, kantor parkir mobil sebanyak 17 titik berkapasitas 9116 lot, parkir bus sebanyak 2 titik berkapasitas 110 lot. 

Tiket parkir direncanakan sebesar Rp 20 ribu untuk motor, Rp 50 ribu untuk mobil dan Rp 100 ribu untuk bus. Pengelolaan parkir ini dilakukan oleh ITDC bekerjasama dengan IPM.

“Untuk mengakomodir penonton yang parkir di ring 2 dan 3 dan memberikan kenyamanan, terdapat Bus shuttle dan kendaraan roda dua (ojek) yang siap mengangkut penonton. Hal ini akan memberikan kemudahan dan kenyaman bagi para penonton yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Pertamina Mandalika Circuit,” kata Samsul.

Tersedia Bus shuttle dan kendaraan roda dua (ojek) yang akan melayani penonton. Bus shuttle koridor 1 tersedia sebanyak 5 unit yang melayani jalur Sunggung Enduro Entrance.

Kemudian, bus shuttle koridor 2 tersedia sebanyak 5 unit yang melayani jalur Bundaran R-Pertamax Entrance, dan Bus shuttle koridor 3 tersedia sebanyak 5 unit yang melayani jalur PB – Enduro Entrance. 

Sementara akses penonton telah tersedia antara lain, Pertamina Entrance bagi penonton yang menuju VIP Premiere akan masuk dan parkir melalui Blue Gate.

Penonton VIP Deluxe Class masuk melalui Black Gate 2 dan penonton GS A & B masuk melalui Pertamina Entrance/Green Gate, sedangkan bagi penonton yang menuju Observation Deck masuk melalui Black Gate 3. 

“Kami menerjunkan 624 personil crowd control untuk memastikan alur penonton WSBK Mandalika 2022 ini dapat berjalan dengan lancar. Sementara untuk memastikan keamanan penyelenggaraan event, kami dibantu personil gabungan TNI-Polri berkekuatan 2.712 personil,” kata Samsul, menambahkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES