Olahraga

Kalah 0-6 dari Prancis, Shin Tae yong: Timnas Kurang Percaya Diri

Jumat, 18 November 2022 - 12:44 | 15.79k
Kalah 0-6 dari Prancis, Shin Tae yong: Timnas Kurang Percaya Diri
Pemain Timnas Indonesia U-20 Marselino Ferdinan mengontrol bola dalam pertandingan melawan Prancis, Jumat (18/11/2022). (FOTO: Twitter PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTATimnas Indonesia U-20 kalah 0-6 dari Prancis pada laga persahabatan di Pinatar Arena, Murcia, Spanyol, Jumat (18/11/2022) dini hari WIB.

Dalam pertandingan ini Timnas Indonesia menurunkan dua calon pemain naturalisasi Justin Hubner dan Ivar Jenner saat sudah tertinggal 0-3 pada babak pertama.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, rasa lelah dan takut membuat anak-anak asuhnya kalah dari Prancis.

Ronaldo-Kwateh.jpgPemain Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh mencoba mengganggu pergerakan pemain Timnas Prancis. Dalam laga ujicoba ini, Indonesia kalah 0-6, Jumat (18/11/2022). (FOTO: Twitter PSSI)

"Kondisi pemain belum pulih. Mereka kelelahan setelah menjalani TC (pemusatan latihan) di Turki," ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta usai pertandingan.

Timnas Indonesia U-20 tiba di Spanyol, usai menuntaskan TC di Turki, pada Selasa (15/11) dan baru menjalani latihan perdana keesokan harinya waktu Spanyol. Artinya, Timnas Indonesia U-20 hanya memiliki kurang dari dua hari untuk mempersiapkan diri melawan Prancis.

Menurut Shin, karena masih letih, pemain pun melakukan kesalahan-kesalahan kala bersua Prancis. "Kesalahan-kesalahan itu membuat kami kemasukan gol. Kami harus mengevaluasi ini," tutur Shin.

Justin-Hubner-tengah.jpgBek tengah Timnas Indonesia U-20 Justin Hubner (tengah) menggiring bola pada laga persahabatan kontra Prancis di Pinatar Arena, Murcia, Spanyol, Jumat (18/11/2022), yang berakhir dengan skor 6-0 untuk kemenangan Prancis. (FOTO: ANTARA/HO-PSSI)

Selain soal fisik, Shin Tae-yong juga menyoroti soal mental anak-anak asuhnya yang belum tangguh. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan kerap kalah sebelum bertanding ketika bertemu tim-tim yang kualitasnya lebih baik dengan postur pemain lebih tinggi.

"Kami harus menyingkirkan pikiran takut seperti itu. Sebenarnya kemampuan pemain bagus tetapi rasa takut mengakibatkan mereka melakukan kesalahan. Pemain pun tidak bisa melakukan yang terbaik," kata Shin.

Justin Hubner juga punya pandangan senada dengan Shin Tae yong. Bek tengah Timnas ini menilai pemain tidak percaya diri saat berhadapan dengan Prancis.

"Kami mesti lebih rileks dan percaya diri dengan bola. Saya pikir itu penting," ujar Justin, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta usai pertandingan.

Perbanyak Latihan Mengoper

Untuk mengatasi hal tersebut, pemain tim U-21 Wolverhampton Wanderers itu menyarankan agar Timnas Indonesia U-20 memperbanyak latihan mengoper.

Dengan demikian, Justin berharap Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan bisa menguasai bola lebih lama dalam pertandingan dan tidak terburu-buru dalam melepaskan umpan.

"Kami perlu bermain sederhana dengan mengoper dan tetap menjaga bola dalam kekuasaan kami," kata salah satu calon pemain naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023 itu.

Sementara terkait kekalahan 0-6 tersebut, Justin mengaku kecewa karena dia merasa timnas Indonesia tak layak kebobolan sebanyak itu.

Akan tetapi, dia mengaku kualitas Prancis, yang sudah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2022 sebagai salah satu perwakilan dari Eropa, memang masih jauh di atas Indonesia.

"Gol-gol datang terlalu mudah. Namun, sebenarnya beberapa serangan kami cukup bagus tetapi umpan akhirnya kurang baik," ujar Justin.

Pertandingan melawan Prancis tersebut menjadi yang pertama bagi timnas U-20 Indonesia di Spanyol. Berikutnya, skuad berjuluk "Garuda Nusantara" akan menghadapi Slovakia pada Sabtu (19/11).

Laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela pemusatan latihan (TC), menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung mulai 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES