Olahraga

Bek Timnas Filipina Simen Lyngbo Lengkapi Kuota Pemain Asing Persik Kediri

Rabu, 24 Mei 2023 - 07:30 | 149.08k
Simen Lyngbo saat berlatih di klub lamanya (foto : Instagram Simen Lyngbo)
Simen Lyngbo saat berlatih di klub lamanya (foto : Instagram Simen Lyngbo)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Kuota pemain asing dengan regulasi 5 (bebas) +1 (Asia Tenggara)  yang ditetapkan PSSI mulai musim depan dimaksimalkan oleh Persik Kediri. Setelah sebelumnya mendatangkan penyerang asal Brazil Pedro Paulo, terbaru Persik merekrut bek kanan asal Filipina Simen Lyngbo. 

Posisi bek kanan memang menjadi salah satu sektor yang menjadi perhatian dari manajemen Persik Kediri.  Musim lalu, sosok Agil Munawar menjadi pengawal setia sisi sebelah kanan pertahanan Persik. Agil total bermain sebanyak 26 kali dari total 34 pertandingan. 

Sementara itu, dua pemain lain yang biasa mengisi posisi tersebut yakni M Rifaldi dan Dany Saputra baru saja dilepas Persik Kediri. Sedangkan bek kanan muda Jimmy Aronggear belum mendapat kesempatan untuk masuk dalam skuad utama Persik. 

“Tentu tidak ideal jika hanya mengandalkan 1 pemain di posisi tersebut dan tim pelatih merekomendasikan Simen Lyngbo untuk mengisinya, " tutur Direktur Persik Kediri, Arief Syaifuddin,  Selasa (23/5/2023).

Simen Lyngbo yang kini berusia 25 tahun, terakhir bermain untuk United City FC di Liga Filipina. Di klub juara Piala Filipina 2022 itu, Simen bermain total 16 kali termasuk di kompetisi AFC Champions League. 

Meski posisi utamanya di sebelah kanan pertahanan, namun Simen juga sering mengisi posisi tengah dan bek kiri. 

"Selain itu, Simen juga dapat bermain di beberapa posisi lainnya dan kita harapkan kehadirannya bisa meningkatkan performa tim kedepannya,” tambah Arief lagi. 

Sebelumya, Ketua Umum PSSI Erick Tohir melontarkan rencana penambahan kuota pemain asing di Liga 1 Indonesia saat sarasehan sepakbola (6/3/2023) lalu. Dari situ akhirnya kuota bertambah  yakni 5+1 sesuai dengan peraturan Asian Football Confederation (AFC), dimana setiap klub boleh merekrut enam legiun impor itu terdiri dari lima pemain asing bebas dan satu dari Asia Tenggara (ASEAN). 

Regulasi ini diharapkan akan membantu klub-klub Liga 1 yang akan mewakili Indonesia di ajang AFC nantinya. Sebelumnya, Persik Kediri sudah memiliki trio asal Brasil yakni Renan Silva, Anderson do Nascimento serta Pedro Paulo yang baru didatangkan, plus duo Rohit Chand (Nepal) dan Flavio Silva (Portugal). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES