Olahraga

Aldhea Azarina Bharata, Siswi Banyuwangi yang Siap Guncang Kejuaraan Karate Dunia di Portugal

Senin, 20 November 2023 - 16:09 | 27.66k
Aldhea Azarina Bharata, saat unjuk kebolehan gerakan karate di hadapan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)
Aldhea Azarina Bharata, saat unjuk kebolehan gerakan karate di hadapan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Suasana kebanggaan menyelimuti Kabupaten Banyuwangi dengan prestasi gemilang dari salah satu atlet karate berbakat, Aldhea Azarina Bharata. Belia yang baru berusia 11 tahun itu akan memperkuat bendera Indonesia dalam kejuaraan dunia karate, The Miko (Maia International Karate Open), yang diselenggarakan di Kota Maia, Portugal pada 2-3 Desember mendatang.

Aldhea, siswi kelas 6 SDN 1 Mojopanggung, menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan berkompetisi dalam dua nomor sekaligus, yaitu 'Kata' (jurus) dan 'Kumite' (perkelahian).

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, memberikan dukungan langsung dan semangat kepada Aldhea saat bertemu di Lounge Pelayanan Publik, Kantor Bupati Banyuwangi.

"Saya ucapkan selamat untuk Aldhea yang akan mewakili Indonesia di kejuaraan karate internasional. Kami berdoa agar Aldhea bisa meraih hasil terbaik di sana," ujar Bupati Ipuk, Senin (20/11/2023).

Aldhea baru-baru ini meraih dua medali emas pada kejuaraan karate tingkat nasional di Jakarta, menunjukkan ketangguhannya dalam kategori 'Kata' dan 'Kumite'.

Bupati Ipuk pun mengakui bahwa perjalanan Aldhea tidaklah mudah, tetapi dengan disiplin dan ketekunan selama bertahun-tahun, ia berharap Aldhea dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak Banyuwangi untuk mengejar prestasi.

Dalam pertemuan tersebut, Aldhea juga memperagakan dengan penuh semangat gerakan 'Kata' karate di hadapan Bupati Ipuk, yang menyatakan kagum atas keterampilan dan dedikasinya.

"Keren, tidak heran kalau bisa jadi juara. Semoga nanti hasil pertandingannya bisa mendapatkan yang terbaik ya," ujar Bupati Ipuk.

Pelatih karate Aldhea, Firda Dian Pramana, menjelaskan bahwa Aldhea akan berkompetisi dalam kategori Pemula untuk usia di bawah 12 tahun.

Dalam upaya persiapannya, Aldhea telah menjalani program training centre (TC) di pusat latihan nasional (Pelatnas) Jakarta pada 4-15 November lalu.

Setelah itu, dengan semangat yang sama, Aldhea kembali ke Banyuwangi dan melanjutkan program latihan yang telah diberikan acuannya dari Pelatnas.

Rencananya, Aldhea akan mengikuti TC kedua pada tanggal 25-27 ini sebelum akhirnya berangkat ke Portugal pada tanggal 29 November untuk mengikuti kejuaraan dunia karate pada 2-3 Desember.

"Aldhea telah menunjukkan dedikasi dan keterampilannya dalam latihan, dan kami yakin ia akan memberikan penampilan terbaiknya di kejuaraan dunia nanti," ujarnya.

Sementara itu, ibunda Aldhea, Rina Mayasari, dengan bangga menceritakan perjalanan karate putrinya sejak kelas dua SD hingga kini.

"Awalnya, sekolah mengikutsertakan Aldhea dalam lomba karate tingkat kecamatan, lalu berlanjut ke tingkat kabupaten, dan akhirnya meraih kemenangan di tingkat nasional. Alhamdulillah, sekarang ia diberi kesempatan untuk mengibarkan bendera Indonesia di tingkat internasional," kata Rina dengan senyum bahagia.

Aldhea sendiri, dengan raut wajah penuh semangat, menyampaikan harapannya untuk kejuaraan dunia yang akan diikutinya,

"Saya ingin menjadi juara," ucapnya mantap.

Dengan keberanian dan kemampuan yang telah ditunjukkannya, Aldhea Azarina Bharata menjadi harapan baru bagi dunia olahraga Banyuwangi, sumber inspirasi bagi generasi muda, dan tentu saja, kebanggaan bagi seluruh Indonesia. Semoga langkahnya di Portugal nanti dapat mengukir prestasi yang membanggakan untuk tanah air.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES