Olahraga

Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Target 1 Poin dari Irak

Senin, 15 Januari 2024 - 09:42 | 19.04k
Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam ditarget meraih 1 poin dari Irak di laga perdana Grup D Piala Asia 2023. (foto: PSSI)
Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam ditarget meraih 1 poin dari Irak di laga perdana Grup D Piala Asia 2023. (foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTATimnas Indonesia bertekad memberikan kejutan saat menghadapi Irak, di laga perdana Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam nanti. Laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Qatar ini akan digelar pukul pukul 21.30 WIB.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka mengakui Irak menjadi tim yang lebih kuat dan diunggulkan. Namun demikian, pelatih asal Korea Selatan ini tetap optimistis bahwa anak asuhnya mampu memberikan kejutan kepada Irak.

"Timnas Indonesia sudah siap menghadapi Irak. Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari situs PSSI.

“Kami akan menunjukan performa yang lebih baik. Saya tidak bisa berbicara hasil akhir nanti, tapi kalian bisa berharap lebih dibandingkan pertemuan pertama (lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia). Tim kita masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah. Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri," tambahnya. 

Berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat 63, atau nomor tujuh di Asia. Sementara itu, Indonesia ada di posisi 146.

Selain itu, pada pertemuan terakhir kedua tim di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra, 16 November 2023, Irak mengalahkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Sementara itu, kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar memastikan kekuatan skuad Garuda berbeda dibanding saat dikalahkan Irak. 

“Pertama saya ingin menyampaikan kami dalam kondisi baik. Dua bulan lalu bertemu Irak di kualifikasi Piala Dunia, tentunya kami datang dengan kekuatan berbeda dan persiapan lebih baik,” kata Asnawi.

“Kami akan memberikan yang terbaik di pertandingan besok. Semua pemain dalam kondisi baik dan siap memberi yang terbaik. Kami ingin membuktikan Indonesia bukan tim lemah di grup ini.”

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada 19 Januari di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Setelah itu, akan melawan Jepang pada 24 Januari di Stadion Al Thumama, Doha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES