Olahraga

Bos Apple: Klub MLS Harus Pelajari Efek Bisnis Lionel Messi

Jumat, 23 Februari 2024 - 09:21 | 52.92k
Lionel Messi membawa efek ekonomi di Amerika Serikat yang besar sejak bergabung dengan Inter Miami pada Juli 2023. (foto: intermiami)
Lionel Messi membawa efek ekonomi di Amerika Serikat yang besar sejak bergabung dengan Inter Miami pada Juli 2023. (foto: intermiami)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Eddy Cue, Wakil presiden senior layanan Apple, mengapresiasi langkah Inter Miami yang mendatangkan pemain bintang sekelas Lionel Messi untuk meningkatkan jumlah penonton di Major League Soccer (MLS), liga sepak bola profesional terbesar di Amerika Serikat.

Menurut Cue, hadirnya Messi di MLS telah mendatangkan “efek bisnis” yang luar biasa, yakni naiknya pamor MLS dan hadirnya banyak penonton baru dari kawasan Eropa, Amerika Selatan hingga Amerika Utara.

“Saya senang ada tim yang berusaha keras. Jelas apa yang dilakukan Inter Miami adalah contohnya dan saya pikir perlu ada lebih banyak tim yang melakukan hal itu dan saya pikir akan ada,” kata Cue sebagaimana diwartakan AFP pada Kamis (22/2/2024)..

Apple belum merilis jumlah pelanggan siaran langsung pertandingan MLS, namun Sports Business Journal melaporkan bahwa penonton mereka mencapai dua juta dengan jumlah yang naik dua kali lipat setelah Messi menandatangani kontrak Inter Miami.

Cue juga menyatakan terkejut dengan betapa besarnya dampak Messi untuk bisnis televisi di MLS.

“Saya terkejut. Saya tidak tahu jika hal itu membuat perbedaan, awalnya saya kira hal itu memerlukan banyak waktu. Ternyata itu bergerak sangat cepat dalam perspektif global dan perspektif bisnis di AS,” katanya.

Inter Miami menjadi sorotan setelah merekrut sejumlah pemain bintang antara lain Messi yang disusul dua rekannya di Barcelona, Jordi Alba dan Sergio Busquets5. Pada Desember 2023, Miami memperkuat skuadnya dengan menghadirkan mantan striker Barcelona dan Liverpool Luis Suarez6.

Komisaris MLS Don Garber mengakui bahwa Inter Miami telah menghasilkan pendapatan yang diharapkan sejalan dengan hadirnya sejumlah pesepak bola ternama.

"Jika kami berpikir setiap tim bisa mewujudkan hal tersebut dengan merekrut pemain, saya dapat meyakinkan Anda bahwa MLS akan menyesuaikan peraturannya untuk dapat mewujudkan hal tersebut,” kata dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES