Olahraga

Nova Arianto: Tinggi Pemain Timnas Indonesia U-16 Minimal 175 Cm

Rabu, 28 Februari 2024 - 13:00 | 33.23k
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto saat memberikan arahan kepada pemain di lapangan latihan PSSI di Kompleks Senayan. (foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto saat memberikan arahan kepada pemain di lapangan latihan PSSI di Kompleks Senayan. (foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemain Timnas Indonesia U-16 setidaknya harus memiliki tinggi badan 175 cm. Postur tubuh tinggi diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia bersaing di level internasional.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto mengatakan, selama proses seleksi, tim pelatih memang mencari pemain dengan postur tinggi.

Menurutnya pemain dengan postur tinggi menjadi salah satu modal untuk bersaing di level internasional sekaligus menjadi gen Timnas Indonesia senior empata atau lima tahun kedepan. 

“Kriteria yang pasti tinggi badan ya karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm," jelasnya seperti dikutip dari situs PSSI, Rabu (28/2/2024).

Timnas-Indonesia-2.jpg

“Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm," sambung mantan pemain legendaris Persebaya berposisi sebagai bek tengah ini.

Nova yang merupakan anak pemain legendaris Indonesia Sartono Anwar ini menambahkan, dirinya belajar banyak pada pengalaman di Piala Asia 2023. Saat itu, Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia. "Hal tersebut, cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan," ucap Nova yang menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior. 

Sejauh ini, Nova Arianto telah mengantongi 34 nama pemain selama seleksi yang sudah dilakukan dalam tiga gelombang. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES