Olahraga

18 Pembalap Siap Adu Cepat di F1 Powerboat Seri Danau Toba

Kamis, 29 Februari 2024 - 08:45 | 24.89k
Penampilan peserta perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba tahun 2023. (foto: Kemenparekraf RI)
Penampilan peserta perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba tahun 2023. (foto: Kemenparekraf RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTADanau Toba, Sumatra Utara siap menggelar balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.

Penyelenggaraan powerboat tahun ini juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.

Sebanyak 18 pembalap internasional dari lebih 10 negara dan lebih dari 200 awak akan berlaga di danau tersebut. 

Lomba akan digelar 2-3 Maret 2024 nanti. Dan bagi Indonesia ini adalah untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, event ini bisa memberikan dampak ekonomi sebesar Rp500 miliar. Oleh karena itu, Menparekraf terus melatih pelaku UMKM di kawasan Danau Toba. 

“Dukungan kami dengan seluruh kementerian agar ajang Powerboat nanti bisa berdampak pada ekonomi sebesar Rp500 miliar. Kami bersama semua stakeholder untuk memajukan terus wisata Danau Toba di mata dunia,” kata Sandiaga seperti dikutip dari laman Kemenparekraf RI, Kamis (29/2/2024).

Fakta F1 Powerboat Danau Toba

F1 Powerboat merupakan merupakan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1), yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H20. Itu mengapa, ajang balap perahu motor internasional ini juga sering disebut F1H20. 

Ajang balap perahu super cepat kelas dunia ini akan diselenggarakan pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara. Dipercaya menjadi tuan rumah sport tourism bergengsi dan berskala internasional, tentu menjadi kesempatan baik bagi Indonesia, khususnya Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP). 

F1 Powerboat Danau Toba diikuti belasan pembalap dari beberapa negara di dunia. Di antaranya Inggris, Ukraina, Arab Saudi, Cina, Portugas, Brazil, Perancis, Korea Selatan, dan Qatar.

Ajang ini akan menjadi daya tarik cukup unik bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Pasalnya, para wisatawan yang hadir akan menyaksikan langsung penampilan pembalap yang mengendarai kapal dengan kecepatan lebih dari 220 km/jam tersebut.

Ditambah lagi, perlintasan atau sirkuit dari seri F1 Powerboat Danau Toba disebut sebagai lintasan terunik sepanjang gelaran balap ini diselenggarakan di dunia. Pasalnya, lintasan sepanjang 2,2 km ini terbentuk karena geografis Danau Toba sebagai danau vulkanik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES